3 RT di Kalisari Tergenang Akibat Luapan Kali Cijantung

Warga AtmaGo  di  Cipayung, Jakarta Timur
28 August 2016, 11:37 WIB
20 1 231
Gambar untuk 3 RT di Kalisari Tergenang Akibat Luapan Kali Cijantung
Ini adalah laporan dari warga di wilayah kejadian. Harap berhati-hati dan selalu waspada. Jika butuh bantuan, hubungi  112
Tidak mampu menahan debit air, Kali Cijantung akhirnya meluap. Tiga RT di Kelurahan Kalisari dan dua RT di Kelurahan Baru, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur tergenang.

Camat Pasar Rebo, Wahyu Supriyatna mengatakan, genangan terdapat di RT 11, 12, 13 RW 03 Kalisari. Kemudian di RT 07 dan 08 RW 10 Kelurahan Baru.

Bertambahnya debit air di Kali Cijantung karena pintu air di Waduk Pedongkelan atau Situ Areman yang berada di RW 09 Pekayon dibuka. Sebab jika tidak dibuka dikhawatirkan akan jebol karena tak mampu menampung tingginya debit air.

"Genangan terjadi akibat meluapnya Kali Cijantung. Ini juga karena pintu air di Waduk Pedongkelan dibuka," kata Wahyu, Sabtu (27/8).

Genangan mulai terjadi sekitar pukul 17.00 namun sekitar pukul 19.00 mulai surut. Sejauh ini tidak ada warga yang mengungsi. Rumah yang tergenang pun sekitar 20 bangunan, terutama yang berada di wilayah RT 13/03 Kalisari karena berada di dataran rendah.

Disebutkan, tingginya debit air ini juga karena adanya kiriman dari Bodor dan Depok. Diketahui sejak pagi hari Depok sudah diguyur hujan tinggi sehingga sejumlah kali yang melintas ke Jakarta langsung naik debit airnya.

  1 Komentar untuk 3 RT di Kalisari Tergenang Akibat Luapan Kali Cijantung

Masuk ke akun AtmaGo kamu untuk ikut memberi komentar!

Masuk  atau  Daftar