Yuk Manfaatkan Halaman Kita

2 0 78
Gambar untuk Yuk Manfaatkan Halaman Kita
Sudah hampir satu tahun Covid-19 hadir di Indonesia. Tidak hanya di Indonesia tentunya, tetapi pandemi melanda seluruh dunia. Tetapi saat ini sudah ada beberapa negara yang bangkit dari keterpurukan akibat pandemi ini. Salah satunya adalah negara China. Negara ini sudah mulai bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dan diperkirakan China akan mengalami perbaikan ekonomi lebih cepat.
Bagaimana dengan Indonesia? Sampai hari ini Indonesia masih berjuang bangkit dari keterpurukan karena Covid-19. Salah satu sektor yang cukup rawan adalah sektor pangan. Pandemi Covid-19 ternyata telah membahayakan ketahanan pangan bagi jutaan orang di dunia termasuk Indonesia karena menurunnya daya beli dan dipersulit dengan hilangnya mata pencaharian karena krisis. Sehingga pemerintah RI bergerak secepat-cepatnya menyiapkan program Food Estate di Kalimantan yang (bahkan) dikomandani oleh Menteri Pertahanan, karena seriusnya ancaman rawan pangan di dalam negeri.
Jika krisis pangan ini dibiarkan maka mau tidak mau akan mengakibatkan Gizi Buruk bagi balita. Dan kelompok yang rentan seperti perempuan, ibu hamil dan balita akan semakin berisiko mengalami keterbatasan pangan dalam keluarga.
Di sisi lain, kita juga menghadapi persoalan serius yaitu perubahan iklim global (global climate change) yang menyebabkan bencana alam, perubahan curah hujan, banjir dan kekeringan yang merusak pola tanam di sektor pertanian pangan (beras). Gagal panen akibat perubahan iklim berdampak pada krisis pangan rumah tangga dan pada akhirnya mengancam ketahanan pangan nasional.
Krisis pangan berakibat pada penurunan angka harapan hidup perempuan karena perempuan selalu harus menanggung beban tanggungjawab lebih berat dibanding laki-laki, sehingga meningkatkan angka kemiskinan perempuan dan semakin terbukanya jurang ketidaksetaraan gender.
Lalu apa yang bisa kita lakukan? Untuk meminimalisir timbulnya rawan pangan kita bisa melakukan sebuah perubahan kecil yang dimulai dari diri. Apa itu? secepat-cepatnya berupaya membangun ketahanan pangan rumah tangga secara mandiri di kebun dan halaman-halaman rumah kita dan juga setiap rumah tangga, kelompok dan atau komunitas masyarakat.
Ada beberapa manfaat pekarangan rumah untuk keluarga antara lain :
1. Dengan memanfaatkan pekarangan kita dapat memenuhi kebutuhan gizi keluarga.
2. sebagai sumber pendapatan keluarga karena banyak komoditas yang tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membsudidayakannya.
3. Jika kita mendisain pekarangan dengan penataan yang baik maka akan memberikan keindahan dan memberikan ketentraman bagi kita yang memandangnya.
Jadi mulai sekarang mari kita manfaatkan pekarang yang ada disekitar rumah. Setidaknya kita bisa memenuhi kebutuhan keluarga kita sehingga terhindar dari gizi buruk dan masalah rawan pangan bisa teratasi dengan baik. Yuk mulai dari diri kita dulu.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar