Workshop Disabilitas Jember

6 5 328
Gambar untuk Workshop Disabilitas Jember
Pada hari Senin-Selasa. 5-6 April 2021 kemarin bertempat di Hotel Aston Jember berlangsung Workshop Disabilitas dengan tema Pekerjaan, Kewirausahaan dan Permodalan bagi disabilitas Jember.

Dalam workshop ini dibicarakan tentang permasalahan-permasalahan yang berkaitan dengan peluang dan hambatan disabilitas dalam mengakses pekerjaan, pelatihan kerja dan permodalan bagi disabilitas dengan berdasar pada Implementasi UU Disabilitas No.8 Tahun 2016 dan Perda Disabilitas Jember No.7 Tahun 2016 dan Perbub Jember Tentang Disabilitas No.69 Tahun 2017.

Kesimpulan dari Workshop ini adalah belum maksimalnya implementasi dari peraturan perundang undangan yang ada sehingga belum berdampak terhadap disabilitas di Jember terutama terkait pekerjaan, kewirausahaan dan permodalan.Workshop ini didanaii oleh USAID dan difasilitasi oleh Mitra Kunci dan dihadiri oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dantaranya, Disnaker, Dnsos, BLK, Bappekab, Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) diantaranya NU, Muhammadiyah, Baznas, Madani, GPP dan Disabilitas People Organisation (DPO), diantaranya Perpenca, PPDI, NPC, Gerkatin, HWDI,DMI, Inaf/Persaid. Dari perguruan tinggi diร ntaranya LP2M Unej dan IKIP PGRI Jember.

Workshop ini menghasilkan beberapa rekomendasi kepada pemerintah diantaranya :
1. Perlunya segera dibentuk Komisi Daerah Disabilitas sebagai amanat Perda Disabilitas Jember
2. Perlunya segera dibentuk Unit Layanan Disabilitas di setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Jember
3. Perlunya dibentuk Pusat Pelatihan Bagi Disabilitas Jember
4. Perlunya dibentuk Forum Komunikasi OPD, DPO, dunia usaha dan dunia industri.

Menurut Moh. Zaenuri Rofi'i Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas dan Center Advokasi (PERPENCA), acara semacam ini sangat bermanfaat sekali karena disabilitas dipertemukan dengan semua stakeholder yang berwenang, sehingga kita bisa mengungkapkan aspirasi, uneg-uneg yang selama ini bingung mau diungkapkan kemana. Tetapi disini masih ada yang kurang yaitu mohon di lain waktu bisa menghadirkan dunia usaha, dunia industri dan juga perbankan. Tetapi kami mengucapkan banyak terima kasih kepada USAID sebagai penyandang dana, dan Mitra Kunci sebaga fasilitator kegiatan ini.Kami berharap kegiatan semacam ini bisa berlangsung kontinyu sehingga bisa mengurai persoalan-persoalan yang ada.

  5 Komentar

Tulis komentarmu...

Sutrisno

Tamu
Siap... Mantap (Mandiri Trampil & Profesional) perlunya pengembangan potensi dan legalitas kompetensi Disabilitas melalui dukungan kita smua dijajaran Instansi, Industri, jg Pokmas ... Wasalam ๐Ÿ™

Bahtiar Santoso

Tamu
Jalin komunikasi...koordinasi....silaturahmi....kobarkan semangat untuk terus maju.

Boedi

Tamu
Mantap... Semoga kedepan makin solid dengan kesejahteraan disabilitas

Umi

Tamu
Yg diperlukan DPO bkn hny pengakuan namun implementasi nyata UU ketenakerjaan kesemp. kerja bagi mrk

Kusnun Wibisono

Tamu
Semoga suara lirih hati nurani, suara" kemanusiaan dari para penyandang disabilitas Jember melesat memancar & di dengarkan di kabulkan oleh para penduduk langit. Menjadi kan genggaman amanah bagi penduduk bumi Jember utamanya para pemangku penentu kebijakan
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar