Warga RW 24 Gotong Royong sediakan Jaminan Hidup (jadup) bagi Warga Isolasi Mandiri

3 0 91
Gambar untuk Warga RW 24 Gotong Royong sediakan Jaminan Hidup (jadup) bagi Warga Isolasi Mandiri
Kasus terkonfirmasi Covid-19 di wilayah RW 24, Mergangsan Kidul, Kelurahan Wirogunan, Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta belum juga berakhir. Saat ini, terdapat 1 kasus terkonfirmasi positif Covid-19, yang menjadi perhatian serius Satgas (Satuan Tugas) “SIMAK” (Sinergi Masyarakat Atasi Kerawanan) 24.

Satgas SIMAK 24 secara sigap bersama-sama warga bergotong royong membantu warga yang sedang isolasi mandiri. Selama 14 (empat belas) hari, kebutuhan makan ditanggung warga secara bergiliran dengan terjadwal.

Sebelumnya, Ketua RT 76 bersama Satgas SIMAK 24 bagian Logistik memberi informasi kepada warga melalui group WhatsApp, utamanya di wilayah terdekat untuk sukarela membantu warga terkonfirmasi Covid-19. Tidak lebih dari dua jam, jadwal penyediaan makanan telah penuh terisi.

Nugroho Sanyoto, Ketua RT 76, menyatakan kesediaan warga secara bergotong royong tersebut sebagai wujud empati kepada warga lain, yang saat ini masih terpelihara di wilayah RW 24. Modal sosial ini, sangat berharga disaat pandemi Covid-19 yang belum menunjukkan tanda-tanda akan segera berakhir.

“Edukasi warga bantu warga untuk bergotong royong saling membantu yang menjadi prioritas satgas, semakin nyata di masyarakat. Disamping edukasi protokol kesehatan, dan edukasi serta pendampingan online selama masa isolasi”, ujar Nugroho yang juga Bendahara Satgas “SIMAK” 24 di Posko Satgas “SIMAK”, Kamis (22/7/2021).

Ia menegaskan, menyapa dan menanyakan kendala selama dalam menjalankan isolasi mandiri, telah  menjadi protap dalam Satgas . Selain itu,  memberikan motivasi dan dukungan doa serta mengajak warga lainnya untuk mendoakan warga yang sedang isolasi mandiri.

Sementara Budi Santoso Raharjo, Bidang Logistik Satgas “SIMAK” 24 menegaskan jadwal selama 14 hari dalam masa isolasi mandiri yang direspon cepat warga, sebagai wujud empati, rasa gotong royong dan kebersamaan warga di wilayah RW 24. Modal sosial warga, yang perlu dipertahankan di tengah-tengah pandami Covid-19 saat ini.

"Bidang logistik, nantinya akan mengingatkan warga sesuai jadwal yang ada. Selain itu, akan terus memantau kebutuhan pokok lainnya, yang diperlukan selama isolasi mandiri, “  tegas Budi.

Bergotong royong warga bantu warga selaras dengan Program Gandeng Gendong Kota Yogyakarta, yang digagas Wakil Walikota, Heroe Poerwadi. (KangRozaq)

#SatgasSIMAK24
#KampungMergangsanKidul
#AbdulRazaq

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar