Warga Cipatat Taraju Olah Sampah Plastik Jadi Paving Block

Gambar untuk Warga Cipatat Taraju Olah Sampah Plastik Jadi Paving Block
๐–๐š๐ซ๐ ๐š ๐‚๐ข๐ฉ๐š๐ญ๐š๐ญ ๐“๐š๐ซ๐š๐ฃ๐ฎ ๐Ž๐ฅ๐š๐ก ๐’๐š๐ฆ๐ฉ๐š๐ก ๐๐ฅ๐š๐ฌ๐ญ๐ข๐ค ๐‰๐š๐๐ข ๐๐š๐ฏ๐ข๐ง๐  ๐๐ฅ๐จ๐œ๐ค

KAPOL.ID - Sampah bagi sebagian besar orang dianggap barang kotor dan bahkan jadi biang penyakit. Namun di tangan warga Kampung Cipatat, Desa Taraju, Kecamatan Taraju Kabupaten Tasikmalaya malah menjadi barang berharga.

Warga Dusun Cipatat tersebut berhasil mengolah sampah plastik menjadi bahan berguna yang multi guna yakni berhasil diolah menjadi paving block dan bernilai jual tinggi.

Sedangkan untuk sampah organik seperti sampah sayuran, buah, sampah pasar yang mudah terurai dimanfaatkan olah warga untuk dijadikan budidayaka magot yang bisa dijadikan pakan ikan dan burung.

Pengolahan sampah menjadi paving block dan sampah organik untuk budidaya magot itu di bawah naungan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Desa Taraju.

Kepala Desa Taraju, Adriana didampingi Ketua BUMDes Desa Taraju, Taufan mengatakan saat ini pihak BUMDes sudah bisa mengolah sampah menjadi barang bernilai jual tinggi.

โ€œAlhamdulillah kita bisa mengolah sampah yang dianggap biang masalah menjadi barang yang memiliki nilai jual tinggi,โ€ katanya Selasa (2/3/2021).

Pembuatan paving block sendiri kata dia diolah dengan cara yang sangat mudah. Di mana sampah plastik dibakar dalam drum hingga cair. Lalu cairan plastik dimasukan ke alat cetak pres manual dan dibiarkan beberapa saat.

Berita selengkapnya silahkan klik link atau tautan berikut ini,

๐Ÿ”— https://kapol.id/warga-cipatat-taraju-olah-sampah-plastik-jadi-paving-block

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Workshop Disabilitas Jember


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar
  2. 8
    Komentar

    BEMETENG Punya Acara Hari Ini

  3. 5
    Komentar

    Workshop Disabilitas Jember

  4. 3
    Komentar

    Driver Delivery