Wajibkah Memakai Masker Karena Anjuran Pemerintah?

4 0 252
Gambar untuk Wajibkah Memakai Masker Karena Anjuran Pemerintah?
๐—ช๐—”๐—๐—œ๐—•๐—ž๐—”๐—› ๐— ๐—˜๐— ๐—”๐—ž๐—”๐—œ ๐— ๐—”๐—ฆ๐—ž๐—˜๐—ฅ ๐—ž๐—”๐—ฅ๐—˜๐—ก๐—” ๐—”๐—ก๐—๐—จ๐—ฅ๐—”๐—ก ๐—ฃ๐—˜๐— ๐—˜๐—ฅ๐—œ๐—ก๐—ง๐—”๐—›? ๐Ÿ˜ท

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,

ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู„ู’ู…ูŽุฑู’ุกู ุงู„ู’ู…ูุณู’ู„ูู…ู ุงู„ุณู‘ูŽู…ู’ุนู ูˆูŽุงู„ุทู‘ูŽุงุนูŽุฉู ูููŠู…ูŽุง ุฃูŽุญูŽุจู‘ูŽ ูˆูŽูƒูŽุฑูู‡ูŽ ุฅูู„ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูุคู’ู…ูŽุฑูŽ ุจูู…ูŽุนู’ุตููŠูŽุฉู ููŽุฅูู†ู’ ุฃูู…ูุฑูŽ ุจูู…ูŽุนู’ุตููŠูŽุฉู ููŽู„ูŽุง ุณูŽู…ู’ุนูŽ ูˆูŽู„ูŽุง ุทูŽุงุนูŽุฉูŽ

โ€œSetiap muslim wajib mendengar dan taat (kepada pemerintah), baik dalam hal yang dia suka maupun dia benci; kecuali jika dia diperintahkan untuk bermaksiat. Apabila diperintahkan untuk bermaksiat, dia tidak boleh mendengar dan taat.โ€ (Shahih Al-Bukhari no. 7144 dan Muslim no. 1839)

Al-Mubarakfuri rahimahullah mengatakan,
โ€œApabila pemimpin/penguasa memerintahkan sesuatu yang hukumnya mustahab (sunnah) atau mubah (boleh), (hukumnya menjadi) wajib (bagi kaum muslimin untuk menaatinya).โ€ (Tuhfatul Ahwadzi, 4/393)

Al-Mutahhar rahimahullah menjelaskan,
โ€œMakna (hadits) adalah hukum mendengar dan menaati perintah penguasa adalah wajib atas setiap muslim, baik diperintah dengan sesuatu yang mencocoki kesenangannya maupun yang bertentangan dengan apa yang disukainyaโ€. (Tuhfatul Ahwadzi, 4/393)

Suatu malam, Faqir berkata kepada Abu Wahb, โ€œMari kita mendatangi si Fulan bersama-sama!โ€
Abu Wahb menjawab, โ€œDi manakah ilmu? Hak penguasa adalah ditaati, sedangkan penguasa telah melarang bepergian di malam hari.โ€ (Siyar Aโ€™lam an-Nubala`, 30/3)

Syaikh โ€˜Abdullah bin โ€˜Abdurrahman Al Jibri rahimahullah pernah ditanya pula, โ€œApa hukum menggunakan masker yang menutupi mulut dan hidung bagi orang yang berihram karena khawatir masuknya virus atau bakteri karena kondisi haji yang begitu sesak?โ€

Beliau menjawab, โ€œSeperti itu tidak mengapa ketika butuh. Sebagian orang sangat butuh untuk menutupi mulut dan hidungnya karena khawatir akan asap mobil, bau orang lain yang tidak enak dan semisal itu. Kebanyakan orang terpengaruh dengan asap dan bau-bau semacam itu sehingga mesti menggunakan masker tersebut.โ€ (Fatawa Ibn Jibrin 3481)

Syaikh Ibrahim bin Amir Ar-Ruhaili hafizhahullahu berkata:
"Jika pemimpin kaum muslimin memerintahkan (mewajibkan) kepada suatu perbuatan (yang asal hukumnya) mubah atau untuk meninggalkannya, maka wajib untuk ditaati berdasarkan keumuman dalil yang memerintahkan untuk taat kepadanya dalam hal yang tidak bermaksiat, sebagaimana yang telah dijelaskan oleh para ulama.

Abul Abbas Al-Qurthubi rahimahullahu berkata:
"Seandainya pemimpin memerintahkan (mewajibkan) kepada sesuatu (yang asal hukumnya) mubah, maka itu menjadi wajib untuk ditaati dan tidak boleh untuk dilanggar." (Al-Mufhim 4/41)

Zainuddin Al-Munawi rahimahullahu berkata:
"Apabila pemimpin memerintahkan (mewajibkan) kepada suatu yang mustahab/sunnah atau mubah, maka hukumnya wajib (ditaati). Dan hal ini juga diikrarkan oleh Al-Mubarakfuri."

Contoh dalam hal ini adalah aturan pemerintah yang berkaitan dengan lalu lintas, perdagangan dan aturan safar yang asal hukumnya adalah mubah, lalu pemerintah meletakkan aturan berupa mewajibkan dan melarang di dalamnya.

Diantara yang diwajibkan: Memiliki perlengkapan surat-surat berkendara (STNK, SIM), mematuhi kecepatan yang sudah ditentukan, aturan parkir di jalan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, memiliki kelengkapan surat izin perdagangan dan yang berkaitan dengan ekspor impor, mematuhi aturan safar (keluar negeri) dengan memiliki paspor, visa dsb.

Diantara yang dilarang: Melanggar aturan diatas, seperti tidak memiliki SIM ketika berkendara atau melampaui batasan kecepatan yang telah ditentukan di jalan atau menerobos lampu merah atau berhenti di tempat yang terlarang atau melakukan perdagangan tanpa mengantongi izin yang telah ditentukan, berdagang barang-barang yang dilarang pemerintah, safar (keluar negeri) tanpa paspor dan visa atau safar ke negara-negara yang dilarang oleh pemerintah, dsb.

Aturan-aturan tersebut secara asal itu hukumnya mubah namun menjadi wajib karena ada perintah dari pemimpin kaum muslimin dan menjadi haram karena dilarang oleh pemimpin kaum muslimin.
(Al-Ihkam Fi Sabri Ahwal Al-Hukkam 38)

โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”โ€”
๐—”๐—ฌ๐—ข๐—ข ๐——๐—จ๐—ž๐—จ๐—ก๐—š ๐—ฃ๐—˜๐— ๐—•๐—”๐—ก๐—š๐—จ๐—ก๐—”๐—ก ๐— ๐—”๐—ฆ๐—๐—œ๐—— ๐— ๐—”๐——๐—œ๐—ก๐—” ๐—œ๐—ฆ๐—Ÿ๐—”๐— ๐—œ๐—– ๐—–๐—˜๐—ก๐—ง๐—˜๐—ฅ ๐Ÿ•Œ

Donasikan Harta Terbaik Anda Untuk Penyelesaian Pembangunan Masjid Madinaโ€ž
Raih Istana di Surga Dengan Membangun Rumah Allah Ta'ala di Dunia.

Donasi Masuk Sementara : Rp. 3.276.246.520,- ( 30,23% )
Kekurangan Dana : Rp. 7.559.753.480,- ( 69,77% )

๐Ÿ—ณ Rekening Donasi
Via Bank Syariah Indonesia (kode bank 451)
888-7666-760 a.n Yayasan Madina Islamic Center

Jazakumullah khairan, semoga Allah Ta'ala melimpahkan barokah dan kebaikan kepada anda dan keluarga.

Sumber :
Madina Center ID
@madinacenter.id

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar