Usulan Tajam SMS Dalam Musrenbang RPJMD Kab. Serang

3 1 218
Gambar untuk Usulan Tajam SMS Dalam Musrenbang RPJMD Kab. Serang
Mewakili unsur masyarakat kabuapten Serang, Simpul Madani Serang (SMS) hadir dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Serang Tahun 2021-2026. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan (Bappeda) Kabupaten Serang, dibuka secara resmi oleh Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, dilakukan secara Daring (dalam jaringan) selama 1 (satu) hari penuh pada Jumat, 25 Juni 2021.
Kegiatan Musrenbang dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi paparan dan sesi diskusi kelompok sesuai pembidangan utama. Pada sesi diskusi kelompok peserta unsur Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) yang tergabung dalam SMS, menyebar di semua kelompok diskusi. Pada kelompok pertama yang membahas Pendidikan dan Kesehatan diikuti oleh Sekretaris Pimpinan Daerah (PD) ‘Aisyiyah, Uus Ustriawaty dan Manager Program MADANI PD ‘Aisyiyah, Dr. Hj. Hunainah, MM. Kelompok kedua yang membahas isu ekonomi, social, dan sarana prasarana, diikuti oleh anggota SMS dari unsur Bank Sampah Digital (BSD), Desty Eka Putri, Nasyiatul ‘Aisyiyah (Finni Nuriska), Barisan Masyarakat Serang Utara (Saefullah), Ali Nur Hasan (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), dan Kubanillah, anggota SMS dari unsur Lembaga Perlindungan Anak (LPA). Sementara kelompok ketiga yang membahas isu Pelayanan Publik, Reformasi Birokrasi, dan Keagamaan diikuti oleh M. Ridho Dinata, anggota SMS unsur Pattiro Serang, dan Hanni wakil Pattiro Banten.
Pada kesempatan diskusi di masing-masing kelompok yang juga diikuti seluruh Pimpinan Organisasi Perangat Daerah (OPD) terkait, perwakilan SMS sahut-sahutan memberikan masukan pada draf dokumen yang akan menjadi “buku putih” Kabupaten Serang selama 5 (lima) tahun ke depan. Beberapa masukan dan usulan tersebut diantaranya adalah:
A. Tambahan Kebijakan di Tujuan 1 Misi 4:
1. Peningkatan Transparansi dan akuntabilitas Tata Kelola Dana Desa
2. Peningkatan dan Partisipasi masy dlm Tata Kelola Pembangunan Desa
B. Tambahan kebijakan di Misi 1 Tujuan 1:
1. Peningkatan SDM melaui pemberian beasiswa kepada masy yg memiliki kontribusi/prestasi di desa
2. Pendidikan fokasi/keahlian disesuaikan dengan pangsa pasar ketenagakerjaan, misalnya IT dan kewirausahaan...
C. Misi 4, Tujuan 4.1, Sasaran 4.1.3, Penambahan Poin Arah Kebijakan:
1. Optimalisasi Tata Kelola Dana Desa
2. Optimalisasi SDGs Desa
3. Pemberdayaan Kelembagaan Masy. Desa...
D. Misi 3 Sasaran 3.1.2, Penambahan Arah Kebijakan:
1. Peningkatan Partsipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Sampah Rumah Tangga
E. Usulan Penambahan Arah Kebijakan: Penyusunan Roadmap Reformasi Birokrasi
Keterlibatan unsur masyarakat yang begitu aktif dan responsif, mendapat apresiasi dari Bappeda, pihak Bappeda mengharapkan kehadiran unsur masyarakat yang tergabung SMS untuk berdiksui lebih lanjut dengan Tim Penyusun RPJMD di Bappeda agar dokumen yang disusun betul-betul merupakan bagian dari rencana kerja seluruh komponen masyarakat Kabupaten Seran.

(Doni-SMS)

  1 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar