UPAYA PMI SOLUSI MASYARAKAT MILIKI RUMAH AMAN GEMPA

4 2 402
Gambar untuk UPAYA PMI SOLUSI MASYARAKAT MILIKI RUMAH AMAN GEMPA
Palang Merah Indonesia sebagai lembaga kemanusiaan di dukung Palang Merah Amerika sudah banyak membantu masyarakat dan melakukan pelatihan baik untuk Sibat , masyarakat dan tokoh masyarakat.  Agar masyarakat bisa memahami program kesiapsiagaan terhadap bencana gempa bumi. PMI meningkatkan kapasitas masyarakat khususnya  wilayah program kelurahan Mojopanggung, yang menjadi pilot project Nasional program Kesiapsiagaan gempa bumi, harapanya masyarakatnya mampu mengurangi kerentanan dan risiko saat terjadi bencana gempa bumi.

Seperti disampaikan oleh Wakil Ketua 1 PMI Banyuwangi dalam pembukaan kegiatan Sosialisasi Rumah Aman gempa di Aula kelurahan Mojopanggung Kamis 20 Mei 2021 kemarin. DR. H. Nurhadi MM, kegiatan  pelatihan Retrofitting ini adalah tindak lanjut program PMI Banyuwangi dalam upaya meningkatkan Kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi Bencana Gempa bumi. Gempabumi tidak mengancam manusia. Namun, struktur bangunan yang tidak mempertimbangkan risiko dan terbatasnya pemahaman terhadap bencana dapat membahayakan keselamatan manusia.

Retrofitting adalah upaya perkuatan bangunan agar aman dari bencana gempa bumi. Banyuwangi sebagai salah satu wilayah Pilot Project yang ditunjuk PMI pusat dan didukung oleh Palang merah Amerika, membuat 2 pemodelan rumah aman gempa. Dalam kegiatan ini sosialisasi PMI pada masyarakat di dukung oleh Bank Jatim. Kegiatan bertujuan Meminimalisir kerusakan pada bangunan dan mengurangi resiko dampak atau Korban yang ditimbulkan oleh bencana Gempa Bumi.Harapanny masyarakat terdorong ingin meretrofitting rumahnya agar menjadi tempat yang aman dari bencana gempa bumi. Sedangkan bagi masyarakat yang berminat tapi terkendala  dana bisa mengajukan pinjaman ke Bank Jatim untuk meretrofitting rumahnya, imbuhnya."

PMI lembaga kemanusiaan yang profesional dan mandiri bekerja dengan masyarakat. Kegiatan PMI banyak yang sudah diberikan pada Sibat beberapa di antaranya adalah pelatihan trainer TOT dan pelatihan tukang agar memahami kaidah retrofitting atau penguatan rumah aman gempa. PMI sudah membangun pemodelan rumah aman gempa di 2 lingkungan yaitu 1 di Mojoroto dan 1 di Lingkungan Cungking. Retrofitting penting untuk diketahui dan dipahami masyarakat agar rumah aman dari bencana gempa bumi. Dan saat ini PMI bekerja sama dengan Bank Jatim akan memberikan solusi Rumah Aman Gempa bagi masyarakat, jelasnya."

Danang kordinator Sibat Mojopanggung menerangkan tentang kerentanan yang ada di masyarakat sangat mengancam keselamatan masyarakat. Singkat dan jelas Danang juga menyampaikan tentang teknik perkuatan supaya rumah aman gempa. Menurutnya dana retrofitting tidak ada nilainya dibanding keselamatan keluarga. Sehingga jika belum ada dana PMI memberikan solusi bersama Bank Jatim. Apabila masyarakat tergerak segera hubungi PMI Banyuwangi, Sibat dan Agen retrofitting akan sigap memberikan solusi dan konsultasi gratis agar masyarakat memiliki rumah aman gempa, terangnya."

Budi petugas Bank Jatim menyampaikan bahwa Bank jatim akan melakukan kerjasama yang baik dengan PMI Banyuwangi dalam mewujudkan tujuan masyarakat untuk melakukan perkuatan bagian rumah nya supaya aman gempa. Bank Jatim akan memberikan pinjaman dengan kemudahan dan bunga ringan, imbuhnya"

Di akhir kegiatan Wakil ketua 1 Dr. H Nurhadi, MM menyimpulkan bahwa Gempa bumi adalah bencana yang datangnya tiba tiba dan tidak bisa diprediksi datangnya, gempa bumi tidak membunuh namun bangunan yang runtuh yang menimbulkan korban. Maka melakukan perkuatan rumah sangat penting agar rumah menjadi aman saat terjadi gempa. Segera hubungi PMI Kabupaten Banyuwangi, tegasnya."

#pmisiapbantu
#solusirumahamangempa
#sibatmojopanggung
#pmikabbanyuwangi

  2 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar