Tim Pendukung Program Pengelolaan Sampah Desa Balongpanggang siap menuju Gresik Nol Sampah

1 1 237
Gambar untuk Tim Pendukung Program Pengelolaan Sampah Desa Balongpanggang siap menuju Gresik Nol Sampah
Minggu pagi (7/11) Pattiro Gresik sebagai Mitra Utama USAID MADANI bersama Simpul Belajar Giri hadir di Balai Desa Balongpanggang untuk terlibat di forum pembentukan SK Tim Pendukung Program Pengelolaan Sampah. Sebagai Desa percontohan yang akan mendapatkan pendampingan, Pemerintah desa, BPD, Tim Penggerak PKK, serta masyarakat Dusun Mojoroto Desa Balongpanggang, yang menjadi lokasi bank sampah, saling bersinergi mempersiapkan forum pembentukan tim tersebut.

Mengawali sambutannya, BPD dan Kepala Desa sangat mengapresiasi program pendampingan dari Pattiro untuk dapat memberikan pembinaan terkait pengelolaan sampah di Dusun Mojoroto Desa Balongpanggang. Harapannya tidak hanya fokus di bank sampah yang mengelola sampah anorganik saja, tetapi ke depan juga mengelola sampah organik yang sebagian besar dihasilkan oleh sampah pasar. Bapak ketua RT di Dusun Mojoroto mengakui bahwasanya edukasi dari Pattiro dan Simpul Belajar Giri sudah mampu mengubah mindset warga tentang kepedulian mengelola sampah. Selanjutnya yang ingin dipelajari adalah pengelolaan sampah organik dengan budidaya magot dan komposter,. Perlu diadakan study banding ke desa-desa lain yang sudah menjalankan budidaya tersebut. Edukasi dan pembinaan pengelolaan sampah agar bernilai ekonomis di Dusun Mojoroto, juga diharapkan dapat menular ke dusun-dusun yang lain, sehingga selaras untuk mewujudkan Desa Balongpanggang yang zero sampah.

Target agenda menyusun tim Pendukung Program Pengelolaan Sampah berhasil dilaksanakan dengan baik. Proporsi personil diharapkan dapat mengakomodir semua stakeholder di lingkungan desa dan dusun. Sedangkan agenda penyusunan program akan dilanjutkan di pertemuan yang akan datang.

  1 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. MALEAN SAMPI

  2. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)

  3. Dewata Kite Festival (Festival Layang-layang Pulau Dewata)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar

    RTAR VII PMII Fak.Tarbiyah Lahirkan Nakhoda Baru