Tetap Sekolah, Meski di Rumah

2 0 208
Gambar untuk Tetap Sekolah, Meski di Rumah
Sekolah di rumah, pada saat ini merupakan keniscayaan yang harus dilakukan seiring dengan merebaknya pandemi covid-19 yang belum juga reda. Hal tersebut yang sedang berlangsung di SD Muh Jarakan, Kebonharjo, Samigaluh, Kulon Progo, DI Yogyakarta.

Terkait dengan hal tersebut, tak ada pilihan lain bagi setiap keluarga di Indonesia untuk menjadikan rumah sebagai sekolah atau madrasah bagi para putra-putrinya. Untuk itu diperlukan kesiapan setiap keluarga dalam membimbing putra-putrinya pada saat belajar di rumah. Orang tua, akan menjadi penentu utama keberhasilan peserta didik terutama di jenjang PAUD dan Pendidikan dasar.

Hal tersebut bukan sesuatu yang tak mungkin, karena orang tua cukup mengawasi dan membimbing satu atau dua putra-putri mereka. Berbeda dengan guru di sekolah yang mengawasi lebih banyak peserta didik.

Pada dasarnya, keluarga memanglah merupakan tempat pendidikan yang pertama dan utama dengan orang tua sebagai guru. Orang tua adalah guru terbaik bagi setiap anak, karena orang tualah yang paling memahami karakter dan keunikan setiap anak. Orang tua juga lebih mengenali kelebihan dan kekurangan setiap anak.

Meningkatnya peran orang tua dalam pendidikan anak ini sesuai amanah dalam UU Sisdiknas, bahwa pendidikan akan lebih baik bila terselenggara dengan peran dari sektor formal (sekolah/institusi) non formal, dan informal (keluarga dan masyarakat). Hal ini juga sejalan dengan konsep Bapak Pendidikan Ki Hajar Dewantara tentang penyelenggaraan Trisentra Pendidikan (tiga pusat penyelenggaraan pendidikan) yaiti sekolah, keluarga, dan masyarakat.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. SD Negeri Cikandang 02 - Kersana


Komentar Terbanyak

  1. 13
    Komentar
  2. 9
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER JAKARTA

  3. 6
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER BEKASI

  4. 6
    Komentar