Tetap Bekerja Di Bawah Payung

Gambar untuk Tetap Bekerja Di Bawah Payung
Tetap Bekerja Di Bawah Payung

Adanya himbauan pemerintah agar menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari hari demi mencegah dan memutus rantai penularan Covid 19 di Indonesia adalah hal yang mutlak dilakukan seperti wajib memakai masker, sering mencuci tangan/ menggunakan hand sanitazer dan jaga jarak fisik dengan yang lainnya. Alhasil sendi sendi aktifitas masyarakat pun ikut menyesuaikan terkena dampaknya, bahkan Tagar #DirumahAja dan #WorkFromHome didengungkan di dunia maya agar badai pandemi segera berlalu.

Berbicara mengenahi aplikasi On Line yang booming di masa pandemi, salah satunya adalah aplikasi berbasis panggilan video dan suara atau yang biasa disebut teleconference. Banyak warganet menggunakan aplikasi ini untuk berbagai keperluan dari yang hanya melepas kangen karena lama tak berjumpa hingga keperluan rapat kerja. Diantaranya yang paling populer digunakan adalah aplikasi Zoom.

Bagaimana dengan aplikasi lain? Ya, pada kesempatan ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman menggunakan aplikasi Microsoft Teams, Aplikasi yang sudah di unduh 1 juta pengguna lebih di google Playstore ini memang tidak semoncer Zoom. Dari segi fasilitas Microsoft Teams lebih unggul, mempunyai beberapa kelebihan dengan aplikasi lainnya, diantaranya seluruh peserta dapat melakukan panggilan video teleconference bersamaan sekaligus berbagi data file tanpa membuka aplikasi lain. Jumlah peserta pun bisa tak terhingga untuk yang berlangganan/berbayar.

Pertama kali mengenal Microsoft Teams saya sendiri mengenal dari Farid Husni, salah satu anggota tim Grant USAID Madani FHI360 yang memang pada awal tahun ini Muslimat NU Kabupaten Pekalongan diberi kepercayaan sebagai Mitra Utama Program USAID Madani di Kabupaten Pekalongan.

Microsoft Teams sebagai aplikasi yang yang baru saya kenal dimasa pandemi terasa banyak manfaatnya, akan tetapi karena kurang familiar muncul berbagai kendala seperti tools hingga kepersoalan sinyal jaringan provider yang memang menjadi penunjang utama ketika kita berselancar di dunia maya. Bekerja dari rumah juga menjadi tantangan tersendiri agar suasana mendukung melakukan rapat on line. Ketika rapat on line dirumah, saya sendiri sempat "menyendiri" di dalam mobil yang terparkir di garasi untuk mendapatkan suasana yang jauh dari keramaian dan tidak diganggu oleh anak anak di rumah.

Hal senada juga dialami Erlita, satu tim rekan kerja saya di Muslimat NU Kabupaten Pekalongan yang terkendala sinyal jaringan, karena di dalam rumah sinyal tidak mendukung, Erlita sempat reposisi tempat duduknya diluar rumah untuk mendapatkan sinyal terbaik hingga perlu menggunakan payung keluar rumah agar tidak kepanasan. " Betul, di rumah saya daerah Wonokerto Kabupaten Pekalongan kadang susah sinyal jadi perlu pindah lokasi". Ujar Erlita saat di wawancarai.

Lain halnya dengan rekan kerja saya Edi, yang kali pertama menggunakan aplikasi Teams. Sejak awal Edi mengalami kesulitan masuk ke aplikasi Teams karena memang hal baru baginya dengan tahapan tahapan sign in yang sedikit berbeda dengan aplikasi lainnya.

Edi menambahkan diakhir wawancara , terlepas dari berbagai kendala menggunakan Teams di awal, setelah beberapa kali menggunakannya pada akhirnya semua terlihat mudah dan pastinya menjadi lebih bermanfaat di tengah pandemi Covid-19.(Red-Rizzi)

  1 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar