Terdampak Pandemi, Komunitas Dampingan PDNA Bulukumba dilatih Usaha Pembuatan Sambel

0 0 160
Gambar untuk Terdampak Pandemi, Komunitas Dampingan PDNA Bulukumba dilatih Usaha Pembuatan Sambel
Bulukumba-Majelis Taklim Babu Marwah yang merupakan salah satu komunitas dampingan Pimpinan Daerah Nasyiatul Aisyiyah Bulukumba dilatih membuat olahan cabe menjadi Sambel dengan berbagai varian rasa, Senin, 25 Oktober 2021.

Ketua bidang pendidikan sekaligus pendamping majelis taklim Babu Marwah, Arifah Ulviah mengatakan bahwa kegiatan ini dilakukan dengan tujuan untuk pemberdayaan dalam rangka membentuk ketahanan pangan dan ekonomi bagi kelompok rentan dalam kondisi pandemi covid-19 guna memberikan alternatif tambahan penghasilan bagi keluarga serta dimanfaatkan pula untuk membiayai program kerja majelis taklim dengan konsep warga membantu warga.

"Kegiatan pemberdayaan Ekonomi dan kewirausahaan berbasis majelis taklim Babu Marwah Taccorong ini dengan bentuk pelatihan pengolahan hasil pertanian yakni cabai menjadi sambel di buat tanpa MSG", tambahnya.

Bahan dasar Olahan sambel tersebut didistribusi oleh petani sekitar masjid yang berasal dari kebun-kebun warga setempat.

Arifah menjelaskan jika pihaknya telah memberi edukasi agar mereka bisa melakukan kegiatan cocok tanam dengan memanfaatkan lahan tidur/lahan kosong, mengedukasi bercocok tanam dari rumah supaya mereka bisa produktif dan menghasilkan.

"Hasil cocok tanam berupa cabai tersebut diolah kembali menjadi sambel dengan varian rasa yang keuntungannya akan dimanfaatkan untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat dan memakmurkan masjid".

Arifah berharap dengan kegiatan ini bisa mendorong warga untuk produktif dengan mengisi waktu luang di rumah, yang mana kelompok dampingan tersebut merupakan perempuan pengrajin batu merah/batu bata yang terdampak akibat pandemi covid-19 dengan lesunya tingkat permintaan konsumen.

Selain itu ketua dan anggota majelis taklim sangat bersyukur dan antusias dengan adanya program pendampingan ekonomi dan kewirausahaan ini. "Harmiati berinisiatif kedepannya akan menyusun program kerja yang bisa dirasakan manfaatnya oleh warga sekitar dengan memanfaatkan dana hasil usaha kami", tutup ketua majelis taklim.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. MALEAN SAMPI

  2. Dewata Kite Festival (Festival Layang-layang Pulau Dewata)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar

    RTAR VII PMII Fak.Tarbiyah Lahirkan Nakhoda Baru