Talkshow Peringatan Hari Sampah Nasional 2021

2 0 300
Gambar untuk Talkshow Peringatan Hari Sampah Nasional 2021
Jombang, Kolaborasi Perkumpulan Sanggar Hijau Indonesia bersama dengan Rumah Merdeka menyelenggarakan Talkshow Peringatan Hari Sampah Nasional (HPSN) dengan topik Bijak Kelola Sampah, diselenggaran di Rumah Merdeka Jombatan, Jombang (21/2/21). Kegiatan ini dihadiri oleh para pegiat lingkungan dari berbagai tingkatan umur baik laki-laki maupun perempuan.
Alfan selaku moderator dari kegiatan talkshow Bijak Kelola Sampah mulai membuka kegiatan dengan memperkenalkan para narasumber, “ada mbak Elly Daru Ika Wilujeng dari Sanggar Hijau Indonesia, selanjutnya ada Pak Fathur dari Santri Jogo Kali dan ada Pak Amin Kurniawan dari Dinas Lingkungan Hidup” paparnya.
Pemaparan pertama disampaikan oleh Elly Daru Ika Wilujeng selaku perwakilan Perkumpulan Sanggar Hijau Indonesia. Elly menjelaskan pengelolaan sampah yang sudah dilakukan oleh Perkumpulan Sanggar Hijau Indonesai dengan memilah limbah orgnaik dan anorganik. Untuk limbah anorganik seperti kertas, botol dan barang yang masih memiliki nilai jual ditabungkan ke bank sampah Sanggar Hijau, sedangkan untuk sampah anorganik yang tidak berbilai ekonomi di jadikan sebagai bahan ecobrick untuk pembuatan furnitur dari kantor Sanggar Hijau. Untuk sampah organik dikelola sebagai bahan isian dari biopori.
Penjelasan dilanjutkan oleh Fathur dari Santri Jogo Kali terkait kegiatan-kegiatan yang mereka lakukan, seperti patroli sungai untuk membantu penertiban kebersihan sungai dan membantu dalam sosialisasi secara masif ke warga dengan cara mengikuti kegiatan-kegiatan baik sosial maupun keagamaan yang dilakukan warga sehingga wawasan terkait pengelolaan sampah bisa tersampaikan kepada warga.
Pemaparan terakhir disampaiakan oleh Amin Kurniawan dari DLH terkait Pelayanan pengelolaan Sampah. Amin memberikan banyak penjelasaan terkait mekanisme yang ada di lapangan hingga perbedaan antara iuran dan retribusi sampah sehingga seluruh peserta dapat memahaminya.
Kegiatan talkshow ini dikemas dengan sangat menarik sehingga memacu rasa penasaran para peserta, selama sesi diskusi hampir semua peserta dapat secara puas mendapat jawaban dari pertanyaan yang diutarakan. “Kegiatan diskusi seperti ini harus sering dilakukan untuk terus menggali ide-ide kritis dari masyarakat untuk kemajuan Jombang” pungkas salah satu peserta.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar