Tahun 2021, Pengaduan Konsumen Paling Banyak Soal Pinjaman Online Ilegal, Ini Saran OJK Cirebon

2 0 310
Gambar untuk Tahun 2021, Pengaduan Konsumen Paling Banyak Soal Pinjaman Online Ilegal, Ini Saran OJK Cirebon
๐—œ๐—ก๐—™๐—ข๐—–๐—ฅ๐—•.๐—–๐—ข๐— , ๐—–๐—œ๐—ฅ๐—˜๐—•๐—ข๐—ก.- Dari sisi pengaduan konsumen, sepanjang 2021, Kantor OJK Cirebon menerima dan menyelesaikan pengaduan melalui surat sebanyak 54 pengaduan melalui surat. Hal tersebut diungkapkan Kepala OJK Cirebon, Muhammad Fredly Nasution saat menggelar konferensi pers, Sabtu (30/10/2021).

โ€œKami pun melayani permintaan informasi masyarakat melalui telepon sebanyak 594 orang,โ€ ucapnya.

Menurut Fredly, pertanyaan terbanyak yang disampaikan adalah mengenai pinjaman online ilegal.

Terkait pinjaman online, sambung Fredly, per tanggal 28 Oktober 2021 terdapat 104 pinjaman online legal yang terdaftar dan berizin OJK. Namun, dibandingkan dengan pinjaman online yang berizin, lebih banyak ditemukan pinjaman online illegal yang tentunya dapat merugikan masyarakat.

โ€œSebagaimana pesan dari Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, kepada Pinjol legal yang berizin OJK untuk memberikan suku bunga yang murah sehingga dapat membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan,โ€ ucap Fredly.

Ia menjelaskan, #pinjol legal juga diminta untuk selalu mentaati peraturan dan etika dalam penagihan, serta terus meningkatkan pelayanan yang positif agar masyarakat dapat merasakan manfaat dari adanya pinjaman online.

โ€œHal ini telah direspon langsung oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) dengan menurunkan total biaya termasuk bunga harian dari 0,8% perhari menjadi 0,4% perhari,โ€ jelasnya.

Fredly mengatakan, Otoritas Jasa Keuangan senantiasa menghimbau kepada masyarakat untuk, cek legalitas perusahaan pinjaman online melalui www.ojk.go.id, kontak OJK 157, atau whatsapp 081-157-157-157 sebelum memutuskan meminjam pada pinjaman online.

Langsung blokir dan hapus jika mendapat SMS penawaran pinjaman online karena dapat menjadi sumber tersebarnya data pribadi.

Lakukan peminjaman dengan bertanggung jawab dan mengutamakan kebutuhan produktif. Miliki tujuan peminjaman serta rencana pembayaran yang jelas.

Apabila terlanjur terjebak pinjol illegal dan terdapat dugaan pidana seperti pemerasan atau pencemaran nama baik, sampaikan kepada Kepolisian terdekat atau melalui https://patrolisiber.id, email info@cyber.polri.go.id, serta Satgas Waspada Investasi melalui email waspadainvestasi@ojk.go.id .

Berita selengkapnya silahkan klik link atau tautan berikut ini :
https://infocrb.com/tahun-2021-pengaduan-konsumen-paling-banyak-soal-pinjol-ilegal-ini-saran-ojk-cirebon/

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar