Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19 di Kemantren Mergangsan

2 3 167
Gambar untuk Sosialisasi Pencegahan Penularan Covid-19 di Kemantren Mergangsan
Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) di Indonesia telah berlangsung selama satu tahun sejak  kasus perdana pada 2 Maret 2020. Penyebaran Virus Covid-19 juga terjadi di Kota Yogyakarta. Berbagai upaya untuk mencegah dan mengurangi penyebaran Covid-19 terus dilakukan, baik sosialisasi, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Berbasis Mikro, Mengoptimalkan Posko Penanganan COVID-19 di tingkat Kelurahan dan upaya-upaya lain.

Sosialisasi Covid-19, menjadi salah satu agenda Bidang Promosi Kesehatan (Promkes) Kota Yogyakarta. Kegiatan sosialisasi ini diberikan untuk menyampaikan  informasi tentang pencegahan penularan virus corona covid-19. Sosialisasi dilaksanakan di seluruh Kemantren se-Kota Yogyakarta, termasuk di Kemantren Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Sosialisasi dilaksanakan di ruang Mufakat, Kemantren Mergangsan, Selasa (2/3/2021). Penyelenggaraan sosialisasi difasilitasi oleh Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Yogyakarta.

Bidang Promosi Kesehatan (Promkes) Kota Yogyakarta, Mira Suryaningsih, SST., M. Kes menjelaskan terkait Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19. Materi yang disampaikan antara lain, istilah dalam Covid-19, yaitu suspek, probable, konfirmasi, kontak erat, discarded dan pelaku perjalanan. Selain itu, menegaskan pentingnya 3T dan Vaksinasi.

3T atau tindakan melakukan tes COVID-19 (testing), penelusuran kontak erat (tracing), dan tindak lanjut berupa perawatan pada pasien COVID-19 (treatment) adalah salah satu upaya utama penanganan COVID-19. Sedangkan vaksinasi sebagai pemberian vaksin yang diberikan dalam rangka meningkatkan kekebalan seseorang terhadap suatu penyakit.

Sebelumnya telah dilaksanakan sosialisasi yang sama bagi Lurah, LPMK, Kelurahan Siaga, pengurus kampung dan tokoh masyarakat di Kelurahan Keparakan dan Kel. Brontokusuman. Saat ini, sosialisasi diperuntukan bagi Kel. Wirogunan.

Mantri Pamong Praja Kemantren Mergangsan, Rini Rahmawati menjelaskan pentingnya perhatian semua pihak dalam pencegahan dan penyebaran Covid-19. Pencegahan dengan 5M dan Vaksinasi, mulai dari memakai masker dengan benar, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir/handsanitizer, menjaga jarak aman, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas.

"Menjaga protap kesehatan sangat penting dan perlu terus disosialisasikan hingga tingkat RT", ujarnya

Selanjutnya, Rini berharap vaksinasi Covid-19 sebagai langkah pemerintah untuk mencegah penyebaran dan antisipasi Covid-19. Untuk itu, masyarakat tidak perlu takut dan cemas atas vaksinasi Covid-19. Mengingat vaksin ini, bermanfaat bagi masyarakat.

Abdul Razaq, Ketua LPMK Wirogunan yang menjadi peserta sosialisasi menyambut baik kegiatan tersebut. Sosialisasi yang diterima, akan menambah wawasan dan pemahaman akan peran tokoh masyarakat dan stackholder kelurahan. Selain itu, akan memahami peran lintas sektor dalam penyelenggaraan isolasi mandiri.

"Pandemi Covid-19 akan berakhir, apabila Kita peduli. Kepedulian semua pihak menjadi penting, tidak hanya pencegahan dan penyebaran Virus-19, namun juga edukasi kepada masyarakat", kata Razaq di sela-sela Sosialisasi, Selasa (2/3/2021)

Antisipasi agar virus corona tidak menular secara luas, salah satunya mengkampanyekan pola hidup sehat untuk mencegah penularan covid-19. (KangRozaq)

#KemantrenMergangsan
#AbdulRazaq
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  3 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Formasi CASN 2021


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar

    Formasi CASN 2021

  2. 4
    Komentar
  3. 3
    Komentar
  4. 3
    Komentar