SoBAT

2 0 219
Gambar untuk SoBAT
Hari ini aku mengenangmu. Bukan sekedar mengenang. Sepertinya aku rindu padamu. Ah, apakah ini roman picisan? Atau bagain dari romantisme sejarah? Aku tak paham. Yang kutahu, aku ingin mengenangmu.

Aku di dekatmu saat kamu lahir. Saat itu bersama orang-orang yang menanti kelahiranmu. Kelahiranmu hebat. Tepat di tanggal keramat. 17 Agustus. Tanggal di mana bangsa ini merayakan kebebasannya dari belenggu penjajah. Kamu dilahirkan juga dengan maksud yang sama. Memerdekan warga dari “penjajah” tinja.

Empat tahun lalu, kamu dilahirkan. Tepatnya tanggal 17 Agustus 2017 malam. Di lapangan Gasis. Kabupaten Soppeng. Kelahiranmu disaksikan ratusan warga. Segenap penduduk Soppeng menyambutmu. Gegap gempita. Penuh harap dan semangat. Kiranya, kamulah pembebas itu. Pemerdeka itu. Melepaskan warga dari segenap ancaman tinja.

SoBAT, Soppeng Bebas Ancaman Tinja. Itu namamu. Sederhana namun gagah. Di dalam namamu ada doa, semangat. Ada keinginan, juga harapan. Di namamu juga tergantung nasib kesehatan puluhan ribu warga. Saat kelahiranmu dulu, masih ada 23.750 warga masih melakukan BAB Sembarangan (BABS).

Tinja itu berbahaya. Ia bisa menebarkan bakteri dan menyebabkan manusia sakit. Karenanya, tinja harus dikelola. Warga harus diselamatkan dari ancaman penyakit yang ditimbulkannya.

Bagaimana mengelolanya?
Pertama, warga harus memiliki penampungan atau kakus yang aman. Bangunan bawah tanahnya harus kedap alias tidak bocor, tidak meresap ke dalam tanah sekitarnya. Lalu kedua, tinja yang ada di dalam kakus itu harus disedot. Penyedotan minimal 3 tahun sekali. Kemudian? Tinja yang telah disedot dengan kendaraan khusus penyedot tinja itu, diangkut dan dibuang ke IPLT atau Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja. Di IPLT itulah, tinja diolah. Pengolahan memisahkan lumpur dan air. Airnya diolah lagi hingga bisa aman dibuang ke badan air. Lumpurnya? Bisa dikeringkan dan menjadi pupuk tanaman.

Untuk proses-proses itulah, kamu dilahirkan. Berat sekali tugasmu ya? Memang berat kalau hanya sedikit pihak yang peduli. Tapi tahu tidak, saat kamu lahir dulu, semua pihak di Soppeng menyambutmu. Mulai dari pemerintah, pihak swasta, tokoh masyarakat dan penduduk di sana. Apa itu artinya? Kelahiranmu diharapkan. Mereka semua tidak saja gembira menyambutmu, namun juga bertekad merawatmu, melatih dan menjaga setiap langkahmu.

SoBAT, kamu tahu tidak? Bahwa kelahiranmu melalui berbagai proses diskusi panjang? Di satu sisi tahapan, kamu hadir layaknya seperti buah kesabaran. Puncak pencapaian dari proses yang dilakukan sebelumnya. Diskusi, perdebatan konsep dan ide, advokasi ke para pengambil kebijakan, sampai penyiapan kelahiranmu. Keringat yang jatuh tak terasa sebagai keluh. Kamu lahir, semua Bahagia. Namun ketahuilah, di sisi lainnya, kelahiranmu adalah awal. Babak baru.

Kamu tidak cukup lahir saja. Kamu harus hidup, tumbuh besar dan hebat. Ingat, kamu punya amanat, seperti tersemat dalam namamu. Kamu harus menyelamatkan warga dari ancaman tinja! Berat ya? Jangan khawatir. Sebab kamu dilahirkan dalam keluarga yang hebat.

Kelahiranmu dideklarasikan oleh Bupati, Bapak Kaswadi Razak. Percayalah, bahwa Bapak Kaswadi tak akan cukup dengan menyatakan kelahiranmu saja. Beliau akan memantau pertumbuhanmu, mendukungmu selalu dan terus menebarkan manfaat dari kehadiranmu.

Selain Bapak Bupati, kamu juga dalam asuhan pejabat dan warga dengan komitmen luar biasa. Mulai dari Bapak Sekda sampai Kepala Desa, siap membesarkanmu. Memberikan manfaat kelahiranmu pada segenap warga. Warga di sekitarmu juga ikut mengasuhmu. Kamu lahir, tumbuh dan besar di lingkungan yang tepat.

Malam ini, 17 Agustus 2021. 4 tahun usiamu. Bagaimana kabarmu? Aku kangen padamu. Kangen suasana Lapangan Gasis malam itu. Kubaca berita tentangmu. Kamu tumbuh hebat. Penghargaan datang dari segenap penjuru. Walau demikian, ingat ya SoBAT, bukan itu yang harus kamu buru. Membebaskan wargamu dari ancaman tinja lebih perlu. Selamat berulangtahun. Semoga kita bisa lagi bertemukan.

Semarang 17 Agustus 2021

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Games Sore bersama Mahasiswa Bhayangkara


Komentar Terbanyak

  1. 13
    Komentar
  2. 5
    Komentar
  3. 5
    Komentar
  4. 3
    Komentar

    Pengajian anak anak