Simpul Madani Serang dukung program DPMD

1 1 78
Gambar untuk Simpul Madani Serang dukung program DPMD
Simpul Madani Serang, siap sukseskan program Pemberdayaan Masyarakat Desa
Sebagai bagian dari dukungan atas visi misi Bupati Kabupaten Serang yang akan memfokuskan pada penguatan sumberdaya masyarakat (SDM) dan pemberdayaan masyarakat, maka Simpul Madani Serang, sebagai bagian dari Forum Belajar Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) di Kabupaten Serang yang didukung USAID MADANI. Hal ini disampaikan Ulumudin, ketua Presidium Simpul Madani Serang (SMS), dalam sesi dialog, pada acara Forum Perangkat Daerah, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), di aula DPMD Kabupaten Serang.
Dalam sesi sebelumnya, Kepala Bappeda Kabupaten Serang, Rahmat Maulana, memberikan arahan tentang pentingnya para pihak di birokrasi untuk membuka diri (open mind) baik terhadap layanan ke dalam (internal services) maupun layanan ke publik (external services). Untuk layanan ke public, Rahmat menjelaskan, penting penting bekerjasama dengan organisasi masyarakat sipil, dan juga tidak alergi dengan hal-hal baru, termasuk rencana dukungan dari USAID MADANI, tambahnya.
Seolah mengamini masukan dari Bappeda, Kepala Dinas PMD Kabupaten Serang, Rudy Suhartanto, menyambut dengan hangat rencana dukungan USAID MADANI untuk akselerasi pemberdayaan masyarakat dan tatakelola dana desa. “Kami sangat berterima kasih atas dukungan USAID MADANI, terlebih menggandeng PD ‘Aisyiyah dan Pattiro Serang, yang bagi kami bukan hal baru, karena sebelumnya kita sering kerjasama”, jelasnya. Dalam kesempatan tersebut, kadis yang humoris ini, “menantang” OMS utk mengajukan usulan teknologi atau sistem yang aplikatif dalam pengelolaan sampah di Kabupaten Serang.
Bak gayung bersambut, Uus Ustriawati, Sekretaris PD ‘Aisyiyah, mitra utama USAID MADANI, terkait kolaborasi OMS dan Pemda dalam menyelesaikan isu lingkungan dan kebersihan, menyampaikan usulan konkrit dan spesifik bagi Dinas PMD maupun pemerintah desa, yaitu pengelolaan persampahan sejak dari hulu dengan pendekatan program sampah digital. “Jika setuju, kami dari PD ‘Aisyyiyah bersama dengan OMS lainnya, siap dukung Pemda utk Kelola sampah secara inovatif”, tuturnya dengan nada berapi-api.
Forum Perangkat Daerah DPMD in diselenggarakan oleh DPMD yang bertujuan untuk menampung usulan dan gagasan program dari seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Serang. Selain Dinas PMD, narasumber acara ini ialah Kepala Bappeda, Rahmat Maulan, dan Wakil Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Serang. Sementara peserta yang hadir pada kesempatan ini yaitu perwakilan OPD terkait, diantaranya; Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, DKPP, dan Inspektorat, sementara dari pihak OMS dan Ormas yaitu; PD Muhammadiyah, PKK, LPM, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Karang Taruna, PD ‘Aisyiyah, Pattiro Serang, Forum BPD, BSD, TA Pemberdayaan (Kemendesa), dan USAID MADANI. (Jidan-Anggota Simpul Madani Serang)

  1 Komentar

Tulis komentarmu...

Tati

Tamu
Semangat terus untuk Simpul Madani Serang..
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Formasi CASN 2021


Komentar Terbanyak

  1. 9
    Komentar

    Formasi CASN 2021

  2. 5
    Komentar
  3. 4
    Komentar
  4. 3
    Komentar