Siapa Pemutus Rantai Penyebaran Covid 2019?

1 1 432
Gambar untuk Siapa Pemutus Rantai Penyebaran Covid 2019?
Mencermati grafik penularan Covid 19 dan jumlah yang meninggal dunia terus meningkat. Data terkini berdasarkan laporan resmi dari Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 di Indonesia bapak Doni Munardo bahwa, jumlah pasien positif terinfeksi Covid-19 per Kamis, 16 April 2020 mencapai 5.516 orang, 4472 dalam perawatan, 496 orang pasien meninggal dunia dan 548 orang dinyatakan telah sembuh.

Melihat perkembangan tersebut maka pemerintah bersama seluruh rakyat Indonesia harus lebih bekerja keras untuk bahu membahu berfikir dan mencari upaya-upaya penanganan yang lebih efektif untuk memutuskan rantai penyebaran Covid 19. Pemerintah memang sudah melakukan berbagai upaya solutif untuk menurunkan angka penularan bahkan sampai ke titik nol, misalnya salah satu strategi terbaru yaitu Pembatasan Sosial Bersekala Besar (PSBB) khususnya di daerah yang teridentifikasi zona merah misalnya Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Lalu apa itu PSBB?. Menurut Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan Oscar Primadi dalam keterangan tertulisnya mengatakan "PSBB merupakan pembatasan sejumlah kegiatan penduduk tertentu dalam suatu wilayah yang diduga terinfeksi COVID-19. Pembatasan tersebut meliputi peliburan sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan, pembatasan kegiatan di tempat atau fasilitas umum, pembatasan kegiatan sosial budaya, pembatasan moda transportasi, dan pembatasan kegiatan lainnya khusus terkait aspek pertahanan dan keamanan,"

Namun walau berbagai upaya dilakukan prmerintah, tapi tidak didukang oleh rakyatnya maka upaya upaya tersebut akan menjadi sia-sia belaka. Siapapun tidak akan pernah mampu memutus ratai penyebaran Covid 19 kecuali diri kita sendiri. Tenaga medis hanya bisanya membantu mengidentifikasi pasien terpapar posiitf atau negatif, serta merawat pasien yang sudar tertular Covid 19 bukan bertugas untuk memutus rantai penularannya.

#WargaLawanCorona5

  1 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Formasi CASN 2021


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Formasi CASN 2021

  2. 5
    Komentar
  3. 4
    Komentar
  4. 3
    Komentar