SHI-FMMJ MEMBANGUN VISI BESAR KEPEDULIAN PENGELOLAAN SAMPAH BERKELANJUTAN DI KABUPATEN JOMBANG

Gambar untuk SHI-FMMJ MEMBANGUN VISI BESAR KEPEDULIAN PENGELOLAAN SAMPAH BERKELANJUTAN DI KABUPATEN JOMBANG
Sanggar Hijau Indonesia menggandeng Forum Masyarakat Madani Jombang (FMMJ) dalam kegiatan Eco-Qurban yang dilaksanakan sejak 16 – 23 Juli. Kegiatan Eco-Qurban merupakan kegiatan pembagian besek sebagai wadah daging qurban pengganti plastik. Shanti selaku ketua pelaksana harian Sanggar Hijau Indonesia mengatakan bahwa kegiatan ini mendapat dukungan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Jombang dengan bantuan berupa besek sejumlah 1.000 buah. “Sanggar Hijau Indonesia juga menerima donasi dari para donatur minimal Rp 22.500 yang setara dengan donasi 10 besek beserta daun jati sebagai pelapis serta stiker tata cara perawatan besek” tambah Shanti.
Kegiatan yang diketuai oleh Elang ini berhasil menyalurkan besek dengan total 1.500 besek dengan donasi yang terkumpul sejumlah Rp 1.647.000 meskipun mengalami penurunan sejumlah 36% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Terdapat banyak sebab salah satunya karna adanya juga penggalangan dana kemanusiaan untuk korban Covid-19.
Secara teknis dilapangan kegiatan ini di pantau oleh anggota FMMJ selaku mitra partner pelaksanaan kegiatan Eco-Qurban. Penerima manfaat dari kegiatan ini tersebar di 13 titik penyembelihan hewan qurban baik itu di Masjid, Musholla, dan RT setempat di 12 Desa dari 8 Kecamatan di Kabupaten Jombang. Juwariyah selaku salah satu penerima manfaat menyatakan “ kegiatan Eco-Qurban ini dapat membantu mengurangi timbunan sampah”, hal serupa juga di sampaikan oleh Bu Slamet warga Kaliwungu Kabupaten Jombang sebagai salah satu penerima manfaat menyatakan “kegiatan Eco-Qurban sangat bermanfaat terutama untuk mengurangi penggunaan plastik yang menurut kami sangat berpengaruh pada pencemaran lingkungan hidup”, hal serupa juga di sampaikan oleh Juwariyah bahwa kegiatan Eco-Qurban ini dapat membantu mengurangi timbunan sampah.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 41
    Komentar
  2. 27
    Komentar
  3. 23
    Komentar
  4. 5
    Komentar