Sharing Pembelajaran LP tentang SOP ke Salah Satu anggota Forum

3 0 104
Gambar untuk Sharing Pembelajaran LP tentang SOP ke Salah Satu anggota Forum
Standar Operasional Prosedur merupakan hal yang sangat penting dimiliki oleh setiap organisasi masyarakat sipil. Karena SOP ini merupakan sebuah standar yang akan menjadi acuan bagi seluruh pengurus organisasi dalam mengoprasionalkan seluruh agenda dalam rangka mencapai visi dan misi organisasi.
Institute Community Justice (ICJ) mitra Utama Madani di Kota Makassar telah mereviuew SOPnya yang pada awalnya hanya memiliki SOP yang mencakup semua hal tetapi berkat Kerjasama dengan Program USADI MADANI, ICJ telah berhasil mereviuew SOP termasuk memisahkan SOPnya menjadi tiga bagian yakni SOP keuangan, SOP keternagaan dan SOP pengadaan Barang dan Jasa. Pemisahan SOP ini akan memudahkan pengurus beserta staf dalam mempelajari dan mempraktikkannya dalam menjalankan keseharian organisasi.
Secara internal, keeradaan SOP dapat makin memperkuat efektifitas dan efisiensi organisasi. Selain itu, para pihak di luar organisasi misalnya pemerintah dan privat sektor ataupun pihak lain akan meningkatkan kepercayaan bagi mereka bahwa organisasi masyarakat sipil memiliki aturan main yang jelas.
Oleh karena itu, pasca mengikuti pertemuan tim Koordinasi program USADI MADANI dan pemerintah Kota Makassar dimana mitra Utama Makassar ICJ dan perwakilan Forum Berani , Therry Alghifary melanjutkan diskusi di Warkop DUl Jalan penghibur MAkassar, 10 Juni 2021. Di dalam diskusi non formal tersebut, salah satu materi yang dibahas LP adalah urgensi SOP dalam organisasi. Direktutr ICJ, Fery Mambaya secara serius tapi santai merefleksikan pengalaman ICJ selama didampingi REMDEC dalam mereviuew SOP lembaganya. Therry Alghifary, dari KITA BHINEKA, salah satu anggota Forum dengan seksama mendengarkan pengalaman ICJ dalam mereviuew SOP yang pada awalnya SOPnya hanya satu dan dipisahakna menjadi 3 SOP. ‘’Selain SOP, Renstra dan MEL juga penting,’’ ujar Fery.
Pasca diskusi tentang urgensi SOP dalam sebuah organisasi tidak terkecuali organiasai masyarakat sipil, wakil Kita Bhineka sangat ingin juga Menyusun SOP secara lengkap bagi organisasi. Karena itu, Ia meminta kapan ICJ dapat membantu Menyusun ataupun mereviuew SOP KITA Bhineka. Mitra Utama dalam waktu dekat (Juni 2021) akan melakukan sharing pembelajaran khususnya SOP ke seluruh anggota Forum dan dapat menyepakai beberapa agenda yang terkait dengan hal tersebut.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Lowongan CPNS Kemkominfo RI 2021


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 3
    Komentar

    Sehat dengan SAMILAKOR

  4. 2
    Komentar