Semangat Penyampaian Diseminasi Hasil Survey Layanan Terkait Sampah di Kab. Gresik

3 2 106
Gambar untuk Semangat Penyampaian Diseminasi Hasil Survey Layanan Terkait Sampah di Kab. Gresik
Penyampaian hasil survey terkait persepsi masyarakat terhadap layanan isu sampah, Jum'at (9/4/2021) digelar oleh USAID MADANI dan mitra utamanya di kabupaten Gresik, yakni Pattiro Gresik. Yang bertempat di Aula Putri Mijil, Pendopo Kab. Gresik.

Dalam hasil survey yang telah dipaparkan oleh Tim Pattiro Gresik, survey terhadap layanan Pattiro Gresik dari 30 responden yang berasal dari Simpul Belajar Giri, 79 % Memuaskan dan 21% Sangat Memuaskan.

Direktur Pattiro Gresik Menyampaikan, "Ini merupakan tantangan bagi Pattiro Gresik untuk bisa tetap meningkatkan hasil tersebut." Pungkas Nur Mubin saat presentasi hasil survey.

Selain penilaian kualitas layanan Pattiro, juga melakukan penilaian terkait layanan program yang harus ditingkatkan, dan relevansi program dan issue krusial yang ada di masyarakat.

Dalam hasil survey yang disampaikan juga menyuguhkan hasil survey persepsi masyarakat umum pada layanan pemerintah yang berkaitan dengan lingkungan.

Responden dalam survey diambil dari 18 Kecamatan di Kab. Gresik termasuk pulau Bawean. Oleh karena itu, metode penelitian yang digunakan pun beragam, mulai dari bertemu secara langsung maupun melalui Vidio call atau online. Karena, terbatas jarak dan kondisi dimasa Pandemi. Tentunya para surveyor juga harus memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan.

Dalam hasil survey, 49% masyarakat Gresik puas/sangat puas dengan layanan publik terkait sampah. Dan 44% masyarakat Gresik tidak puas/sangat tidak puas terhadap layanan sampah.

Layanan yang diperlukan masyarakat Gresik melihat hasil dari pernyataan responden, meliputi Sosialisasi dan edukasi mengenai pengelolaan sampah, Mengatasi masalah tempat pengelolaan yang bau dan over load, dan Peningkatan SDM untuk pengelolaan sampah di tingkat RT/RW dan desa.

Serta, beberapa hasil survey pada responden juga menyampaikan beberapa temuan, diantaranya belum tersedianya tempat pengelolaan sampah, kurangnya keterlibatan pemerintah desa, hingga pada munculnya blokade TPS dan terbatasnya TPS untuk umum.

Survey ini juga sebagai penguat dari temuan-temuan isu sampah dari hasil beberapa diskusi dan kunjungan ke beberapa titik terkait potensi sampah. Serta, hasil survey ini nantinya akan menjadi bahan merancang program ke depan.

Forum ini juga menyepakati dua desa yang akan menjadi prioritas dampingan, diantaranya Desa Balong Panggang, Kec. Balong Panggang yang titik fokusnya di Bank Sampah dan Desa Sumengko, Kec. Duduk Sampeyan di TPS 3R. Namun, secara keseluruhan pendampingan juga akan direplikasi ke Kec. Dukun, Sidayu, Bungah, Manyar, Gresik, Kebomas, Cerme, Menganti dan Kedamean yang akan dilaksanakan dengan kolaborasi Pemerintah, OMS, Dunia Usaha, Perguruan Tinggi dan Media di Kab. Gresik.

  2 Komentar

Tulis komentarmu...

Iin Hidayati

Tamu
Alhamdulillah...berjalan lancar dan sukses

Indah wahyuni

Tamu
Semangat untuk simpul belajar GIRI
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar