RAPAT LANJUTAN REVIEW RENSTRA LAKPESDAM PCNU SUMENEP

1 0 136
Gambar untuk RAPAT LANJUTAN REVIEW RENSTRA LAKPESDAM PCNU SUMENEP
Sumenep, 03 Agustus 2021 – meskipun dengan situasi yang kurang mendukung akibat pandemi, namun pertemuan review renstra dan sosialisasi SOP internal Lakpesdam NU Sumenep tetap dilanjutkan via zoom. Pertemuan diikuti 9 orang pelaksana (6 Lk, 3 Pr), 1 Dewan Pengurus, dan diobservasi FC MADANI Kabupaten Sumenep. proses moderasi dilakukan oleh Nurus Syamsi (Sekretaris Lakpesdam Sumenep).

Sesuai rencana pertemuan dimulai pukul 14.45 WIB dengan pengantar Direktur, arahan Dewan Pengawas dan sekilas update dari FC MADANI. Proses selanjutnya adalah mereview renstra serta penjelasan panduan monitoring evaluasi oleh tim pelaksana. Apresiasi dan motivasi terus dikumandangkan terutama untuk terus membangun kebersamaan, rasa memiliki dan tanggungjawab dalam pencapaian visi misi yang diemban organisasi. Setelah itu proses dilajutkan dengan presentasi dokumen renstra oleh Ferly A. Syaputra.

Selanjutnya dalam ulasan hasil paparan renstra, perwakilan Dewan Pengurus (A. Warits) menyampaikan pesan pentingnya Lakpesdam NU Sumenep membenahi internal pelaksana. Berdasarkan hasil pengamatan Dewan Pengurus, aspek yang paling urgent untuk dibenahi saat ini adalah kedisiplinan dan keseriusan dalam melaksanakan kegiatan baik secara personal maupun organisasi. Kapasitas dokumen renstra tentunya tidak hanya diukur dari kesempurnaan substansi dan materi, melainkan juga dari aspek implementasinya. Lebih lanjut FC juga menegaskan kualitas partisipasi dan kedisiplinan anggota merupakan aspek fundamental bagi keberhasilan organisasi. Soliditas tim pelaksana dan keberhasilan dalam melaksanakan kegiatan adalah komponen penting yang akan menunjang pencapaian visi misi organisasi.

Setelah berbagai saran dan masukan peserta maka proses selanjutnya yaitu penjelasan panduan monitoring dan evaluasi oleh Staff MEL (Moh Kholid/ Koordinatos Divisi Riset). Penjelasan panduan MEL dilakukan dengan sangat rinci, dan sebelum acara diakhiri moderator memberikan kesempatan kepada peserta untuk bertanya atau klarifikasi. Dari paparan kedua tampak peningkatan kapasitas internal pelaksana, terutama dalam memahami substansi dokumen. Berbagai saran untuk perbaikan juga menujukkan tingkat pemahaman internal pelaksana yang cukup baik terhadap substansi dokumen.

Esensi lain dari review renstra dan sosialisasi SOP adalah Tim Lakpesdam Sumenep mampu mencermati kembali substansi dokumen, terutama relevansinya dengan kondisi terkini. Proses ini juga menjadi moment pembahasan bersama dalam kerangka penyamaan persepsi termasuk dengan revisinya. Proses ini setidaknya juga akan menumbuhkan rasa memiliki dan tanggungjawab dalam implementasinya. Kelima dokumen yang dimiliki bukan hanya sebatas dokumen kelembagaan, melainkan seluruh pelaksana bisa faham dan menjadi dasar kebijakan alokasi anggaran.

Dalam kesempatan ini FC Madani memberikan respon positif terhadap perkembangan kapasitas dan teknis pemaparan dokumen oleh Tim Lakpesdam. Berbagai kewajiban administrasional seperti laporan triwulan (periode April-Juni 2021) disarankan segera diselesaikan. Persiapan pertemuan forum perlu dimatangkan dengan pemda dan tim teknis, khussnya terkait rencana piloting di 3 desa. Catatan lainnya ke-5 dokumen kelembagaan Lakpesdam akan menjadi dokumen operasional sekaligus dokumen sejarah. Seluruhnya akan mencerminkan organisasi dan individu pelaksana, sehingga diharapkan bisa menjadi tanggungjawab bersama dalam realisasinya ke depan. Tepat pukul 17.00 WIB pertemuan diakhiri, dan hasilnya tentu memberikan semangat baru untuk melaksanakan program-program ke depan (Icha).

Salam Semangat Berinovasi!

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. SD Negeri Cikandang 02 - Kersana


Komentar Terbanyak

  1. 13
    Komentar
  2. 9
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER JAKARTA

  3. 6
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER BEKASI

  4. 6
    Komentar