Prosesi Lebaran Ketupat di Tahun ini ada yang Berbeda

2 0 435
Gambar untuk Prosesi Lebaran Ketupat di Tahun ini ada yang Berbeda
Labuapi - Masyarakat Muslim di Lombok punya tradisi unik saat merayakan lebaran. Tradisi tersebut adalah Lebaran Ketupat yang juga dimeriahkan umat Hindu.
'Toleransi', itulah kata yang dapat mendeskripsikan tradisi lebaran ketupat yang dilakukan di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Tradisi makan bersama itu disebut unik karena melewati beberapa prosesi sakral.

Mulai dari mengunjungi makam, makan ketupat hingga perang topat. Setiap proses tersebut memiliki makna tersendiri untuk nilai kehidupan sehari-hari.

Tradisi lebaran ketupat di Lombok ternyata menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun asing. Sayangnya, kini tradisi tersebut tidak bisa dilakukan sementara karena pandemi COVID-19.

Untuk mengenang kemeriahan tradisi lebaran ketupat Minggu (31 Mei 2020), kami sekeluarga beserta warga kompleks blok D dan blok E mengadakan makan bersama untuk mengusir sedikit rasa ke khawatiran kami tentang wabah COVID'19 sehingga kami mampu menumbuhkan kehangatan, kebahagiaan dan keseruan prosesi demi prosesinya menurut versi kami dan tak lupa wajib menerapkan pola Physical distancing, memakai masker serta mencuci tangan." tutur bang Rodi salah satu warga kompleks D Royal Zam-Zam.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar