PREDIKSI PMI BANYUWANGI AKAN MENJADI PUSAT PENGURANG RESIKO BENCANA KHUSUSNYA RUMAH AMAN GEMPA.

2 0 415
Gambar untuk PREDIKSI PMI BANYUWANGI AKAN MENJADI PUSAT PENGURANG RESIKO BENCANA KHUSUSNYA RUMAH AMAN GEMPA.
"SEJARAH BARU, BANYUWANGI AKAN DIKENAL DENGAN RUMAH AMAN GEMPA." Kata Wabup Banyuwangi Pakde Sugirah.

Banyuwangi, 25 Mei 2021 di Lingkungan Cungking Rumah Pak Mukhlis Ketua RT 3 /2 ditemui sebelum acara dimulai Beliau mengatakan "Sekarang saya bisa merasa tenang dan tidak kwatir lagi jika ada gempa, karena rumah saya sudah diberikan perkuatan Retrofitting Rumah aman gempa oleh PMI. Karena sebelumnya rumah saya ini sangat lemah karena dibangun tidak ada tiang beton penyangganya." ungkapnya.

Dalam sambutan wakil ketua 1 PMI Banyuwangi DR. H. Nurhadi MM menyampaikan " Acara hari ini adalah Peresmian Open House Rumah Aman Gempa berbasis masyarakat." Pemodelan Rumah Aman Gempa ini dibangun atas kerjasama PMI dan Palang Merah Amerika yang didanai USAID/OFDA," terang beliau dalam membuka acara.

Kadiv Penanggulangan Bencana PMI pusat Pak Arifin M. Hadi menyampaikan , " Ada 2 pemodelan Rumah Aman Gempa di Sukabumi yang sekarang ditingkatkan oleh PUPR menjadi 600 rumah melalui program pembangunan rumah layak huni. Harapnnya Banyuwangi akan mencontoh seperti itu. Artinya Rumah aman gempa ini akan menjadi model contoh dan jawaban Indonesia sebagai wilayah yang rawan gempa. Selain perubahan prilaku kesadaran masyarakat yang sangat penting menurutnya Bagaimana Peran Pemerintah daerah, Bupati dan PUPR bisa mereplikasi rumah aman gempa dan dijadikan SOP peraturan yang mendorong warga dan menjadi referensi membangun rumah agar aman gempa . Karena Retrofitting rumah aman gempa ini di adopsi dari Jepang oleh Mr. Tedy boon. Gempa bumi tidak membunuh tetapi runtuhan bangunan yang tidak kuat yang akan menimpa keluarga di dalamnya, ungkap beliau.

Terimakasih PMI Banyuwangi sudah menjalankan program dengan sangat sangat sempurna dan loncatanya luar biasa. PMI pusat akan membangun ketangguhan dengan sertifikasi agar Banyuwangi menjadi pusat Pengurang resiko bencana khususnya Retrofitting." Jelas beliau.

Dalam sambutanya Wabup Banyuwangi Pakde Sugirah menyampaikan "Rumah aman gempa yang dicipatakan PMI Banyuwangi akan menjadi sejarah baru yang akan dikenang dan menjadi amal jariyah yang mengalir. Terimakasih yang sebesar besarnya pada PMI semoga bisa ditindak lanjuti Pemerintah daerah Banyuwangi beserta jajarannya." Ungkap beliau.
Retrofitting rumah aman gempa berbasis masyarakat adalah sejarah baru di Banyuwangi semoga Banyuwangi selain dikenal potensi alamnya juga dikenal dengan Rumah Aman Gempa terhadap bencana gempa. " ujar beliau.

Kemudian Pakde Sugirah memberikan paraf nya pada prasasti peresmian open house retrofitting rumah aman gempa di Cungking.

Dan dilanjutkan penyerahan buku pedoman panduan Retrofitting dan KUAT oleh Bapak Arifin kepada Wabup. Pengantar Bapak Arifin menyebutkan buku tersebut adalah hasil karya PMI dan Sibat yang dikembangkan bersama "Harapanya ilmunya bermanfaat dan bisa dipraktekkan." Imbuh beliau.

Kemudian rombongan meninjau rumah aman gempa dan setelah acara Pak Arifin Kadiv penanggulangan bencana PMI pusat beserta Palang Merah Amerika Mc Harris beserta ibu dan Guru besar kami Bang Arwin Soelaksono juga Sibat melanjutkan meninjau 3 rumah lainnya di Lingk Mojoroto dan Taman Baru.


#pmibanyuwangi
#pmisiapbantu
#sibatmojopanggung
#rumahamangempa

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar