PPO DAUN HIJAU MENGAWAL USULAN ANGGARAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

2 0 146
Gambar untuk PPO DAUN HIJAU MENGAWAL USULAN ANGGARAN DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL
JON RANTEPADANG, BARRU
Anggota PPO Daun Hijau bersama Field Coordinator mengadakan pertemuan dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) yang diwakili oleh Koorditaor TAPD Dr. Ir. A. Abustan, M.Si. pada tanggal 29 September 2021 di ruang Kerja Sekretaris Daerah.
Kegiatan ini sebagai rangkaian kegiatan isu tematik “ Pengawasan dan Advokasi Warga dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barru”. Berbagai kegiatan yang diagendakan tidak akan berjalan maksimal tanpa dukungan anggaran yang memadai, khususnya penyediaan sarana dan prasarana, apalagi terkait dengan pelayanan publik, demikian menurut Jon Rantepadang, dari PPO Daun Hijau.
Anggaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil perlu mendapat perhatian karena dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2022, terdapat 7 prioritas nasional dalam sasaran pembangunan dan arah kebijakan. Salah satunya adalah prioritas ketiga yaitu “meningkatkan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing” dengan arah kebijakan mengendalikan pertumbuhan penduduk melalui penurunan angka kelahiran total dan memperkuat penyelenggaraan tata kelola kependudukan, tegas Dr. Ir. A. Abustan, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Barru. Walaupun kita menghadapi keterbatasan anggaran dengan adanya refocusing anggaran karena pandemi Covid-19, namun untuk mendukung berjalannya pelayanan publik khususnya di bidang kependudukan, maka usulan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan dipertimbangkan.
Berbagai kendala yang telah diidentifikasi terkait pelayanan kependudukan, untuk jangka pendek adalah penyediaan sarana dan prasarana, paling tidak dalam skala minimal, agar bisa dipenuhi baik ditingkat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil maupun untuk tingkat Kelurahan. Hal ini perlu dilakukan karena pelayanan administasi kependudukan, sebagian telah dilimpahkan ke tingkat desa/kelurahan. Tentunya pelimpahan tugas ini harus dibarengi dengan penyediaan sarana dan prasarana, demikian menurut Nasaruddin, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Barru.
Penyediaan sarana dan prasarana pelayanan administrasi kependudukan juga untuk mendukung kebijakan daerah terkait inovasi LaNCAR D’DUKCAPIL (Layanan Nyaman Cepat Akurat Ramah dalam menerbitkan Dokumen Kependudukan dan Pencatatan Sipil) .
Dalam pertemuan dengan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Nasaruddin menjelaskan bahwa dukungan sarana sangat dibutuhkan agar pelayanan kepada masyarakat berjalan lancar. Ditambahkan oleh Nasaruddin, berbagai upaya telah dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melalui 5 inovasi Dukcapil yang tujuan akhirnya adalah percepatan layanan administrasi kependudukan.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. SD Negeri Cikandang 02 - Kersana


Komentar Terbanyak

  1. 13
    Komentar
  2. 9
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER JAKARTA

  3. 6
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER BEKASI

  4. 6
    Komentar