POTENSI BADAI PERUBAHAN IKLIM LEBIH DASYAT DARI BADAI COVID-19

0 0 160
Gambar untuk POTENSI BADAI PERUBAHAN IKLIM LEBIH DASYAT DARI BADAI COVID-19
Pada kegiatan Mentoring pertama Program “EVERY U DOES GOOD HEROES” dengan mentor Muhamad Bijaksana Junerosano yang merupakan pendiri Waste4change dan Greeneration Indonesia. Beliau menyampaikan bahwa permasalahan sampah di Indonesia ibarat fenomena gunung es yaitu permasalahan sampah yang tampak terjadi itu hanya ibarat permukaan gunung es saja, padahal masih ada gunung es yang tidak tampak yang jauh lebih besar. Hal tersebut menganalogikan bahwa permasalahan sampah jauh lebih besar dari apa yang kita lihat.
Masalah lainnya yang tidak tampak yaitu pola perilaku pengelolaan sampah, tata kelola system persampahan, tata kelola birokrasi dan politik, dan yang paling dasar adalah masalah nilai/moral/karakter/akhlak bangsa dalam pengelolaan sampah.
Kondisi diatas menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat Indonesia tidak memilah sampah. Disisi lain dalam hal pengelolaan sampah baru 7,5% yang diolah dengan mengkomposkan dan mendaur ulang, dikubur 10%. Masih ada 82,5% sampah terpapar di atmosfer yaitu 69% berada di TPA, 5% dibakar, dan 8,5% tidak terkelola sama sekali.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar