PERTEMUAN RUTIN KOBBER: PENYEPAKATAN MODELLING RENCANA AKSI KESEHATAN IBU DAN BAYI BARU LAHIR.

1 0 134
Gambar untuk PERTEMUAN RUTIN KOBBER: PENYEPAKATAN MODELLING RENCANA AKSI KESEHATAN IBU DAN BAYI BARU LAHIR.
Pertemuan Rutin KOBBER dilakukan secara online dan diikuti oleh perwakilan lembaga dalam Komunitas Brebes Bersama, mengenai penyepakatan Modelling Isu Kesehatan Ibu dan Anak serta pembahasan Aksi Isu Tematik KIBBLA (Kesehatan Ibu dan Bayi Baru Lahir).
Sambutan pengantar oleh Herwanto S.Kom, Sebagai direktur ESKA UNGGUL INDONESIA menyampaikan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai langkah awal untuk penyepakatan modelling desa yang peduli kesehatan ibu hamil dan bayi baru lahir , Kamis ( 5/8/2021).
Rizky Afriyansyah, menyampaikan mengenai program madani di Kabupaten Brebes. Dalam prolog nya membahas mengenai teori perubahan : jika kapasitas organisasi dan teknis OMS di tingkat daerah meningkat dan keberlanjutannya menguat, maka masyarakat sipil di Indonesia dapat secara efektif memperkuat akuntabilitas pemerintah dan mempromosikan toleransi, serta bahasan mengenai rencana aksi dengan 8 langkah Pengembangan Rencana Aksi Tematik.
Penjelasan mengenai Aksi KOBBER di sampaikan oleh Herwanto selaku Direktur Program, dengan mengindentifikasi akar masalah dalam aksi isu tematik KIBBLA yang ada di Kabupaten Brebes dengan analisa yang pertama Pengetahuan Masyarakat yang rendah , Sistem rujukan yang belum efektif, Kebijakan Pemda , Kualitas Layanan Faskes .
Dalam hal ini dilakukan pembahasan dalam 5 HOW , seperti Bagaimana memberdayakan masyarakat dan pemdes untuk peduli masalah KIBBLA. Serta selanjutnya dijabarkan pemetaan solusi dari akar masalah tersebut, terdiri dari solusi lokal dan solusi lokal priortitas.
Narasumber selanjutnya Alfan Kasdar selaku Atma_Connect , menjelaskan mengenai media yang akan digunakan dalam pilot project modelling dalam dua desa yaitu ATMAGO , ATMAGO ini merupakan situs website dan android yang dapat kamu lakukan dalam melaporkan berbagai masalah warga , acara warga maupun lowongan kerja , dalam hal ini ada keterkaitan untuk menunjang program dalam fitur laporan warga , pengaduan warga ini dapat dilaporkan di aplikasi ATMAGO contoh nya warga melaporkan untuk laporan aduan mengenai pelayanan puskesmas , selanjutnya akan di respon oleh tim puskesmas . Selanjutnya diskusi mengenai apakah warga brebes dapat lebih partisipatif dalam hal pengaduan untuk lapor warga , serta pembahasan mengenai platform atmago agar dapat menghidupkan komunikasi warga dengan Kobber.
Diskusi akhir dilakukan pembahasan draft penyepakatan , terdapat beberapa masukan salah satunya landasan berita Acara berdasarkan rencana Aksi.
Dengan kesimpulan bahwa kegiatan pilot project puskesmas dilaksanakan di dua desa dan kegiatan dapat terlaksana apabila dengan diikut sertakan dukungan dari pemerintah desa agar mendorong warga nya untuk berpartisipasi aktif dan memberikan informasi yang positif serta dapat menurunkan angka kematian Ibu Hamil dan Bayi Baru lahir , Platform ATMAGO ini sangat efektif dalam membantu warga menyampaikan laporan nya.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. ECO.J, Juara 1 Anugerah Inovasi & Penelitian 2021


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar
  2. 6
    Komentar

    ECO.J, Juara 1 Anugerah Inovasi & Penelitian 2021

  3. 4
    Komentar
  4. 2
    Komentar