Perkumpulan Wallacea Sharing Hasil Basic Training kepada CSO Luwu Utara

1 0 381
Gambar untuk Perkumpulan Wallacea Sharing Hasil Basic Training kepada CSO Luwu Utara
Perkumpulan Wallacea Kota Palopo sebagai Lead Partner Program USAID MADANI Luwu Utara berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman hasil Basic Training yang dilakukan PT Remdec tentang Perencanaan Strategi dan Manajemen Organisasi, Sistem dan Manajemen SDM, dan Manajemen Keuangan bagi CSO di Luwu Utara yang menjadi anggota Simpul Belajar Lamaranginang dalam bentuk ‘’Learning Sharing Workshop, Berbagi Pembeljaran dari Basic Training Bagi Simpul Belajar Lamaranginang Kabupaten Luwu Utara’’ yang berlangsung pada 13-14 Januari 2021 di Hotel Agrowisata Kota Palopo.

Sesi pembelajaran ketiga domain materi Basic Training Remdec itu difasilitasi Sainal Abidin Ketua Badan Pengurus Perkumpulan Wallacea berlangsung dari Rabu sore dan berlanjut besoknya (Kamis pagi) dengan penugasan dimana setiap CSO memetakan kondisi lembaganya berdasarkan domain Basic Training dan Kapasitas Minimal CSO.

Sesi sharing pertama disampaikan Hamsaluddin yang juga Koordinator untuk Program MADANI ini, dan Muslan Seza Direktur Mitra Swadaya Mandiri dengan materi Perencanaan Strategis dan Managemant Organisasi.

Sesi sharing kedua tentang Sistem dan Management Sumberdaya yang disampaikan Nurlaela yang juga StafKeuangan Perkumpulan Wallacea, dan Rizal Muthahari dari Mitra Swadaya Mandiri.

Sedangkan sesi sharing ketiga tentang Management Keuangan disampaikan Yuni Kartika dari Mitra Swadaya Mandiri, dan Maryam yang juga Staf Keuangan Perkumpulan Wallacea).

Dalam pemaparannya, Hamsaluddin menyampaikan jika Basic Training itu berlangsung selama sebulan. Perkumpulan Wallacea harus mengulang. Kami ikut gelombang kedua karena pada tahap awal kami dinyatakan tidak lulus dengan tingkat kehadiran kurang dari 50 persen. Ini terjadi karena saat itu musibah banjir bandang melanda Kabupaten Luwu Utara dan Perkumpulan Wallacea secara aktif melakukan emergensi respon terhadap penanganan korban di lokasi pengungsian dengan memobilisasi bantuan logistik dan investigasi lapangan susur 3 sungai yang terjadi bencana. ‘’Saat itu kita lebih memfokuskan diri untuk meringankan beban para korban bencana banjir,’’ jelasnya.

Selanjutnya, Perkumpulan Wallacea diminta harus mengulang dan ikut Basic Training lagi selama sebulan (Oktober-November 2020). ‘’Ceritanya kita remedial, dan mengikuti proses pemblajaran kembali selama sebulan dengan domain keorganisasian, management sumberdaya dan keuangan. Saat itu saya mewakili Wallacea di kelas keorganisasian,’’ kata Ancha

Pasca proses pelatihan dasar itu, kemudian Remdec melakukan training perencanaan strategis dan managemen keuangan serta mentoring, dan memasukkan Perkumpulan Wallacea sebagai organisasi yang harus menyelesaikan 5 dokumen, yaitu Renstra, MEL, SOP Keuangan, SOP Ketenagakerjaan, dan SOP Pengadaan Barang dan Jasa. Kami menyadari bahwa itu diperlukan untuk memperbaiki pengukuran IKO Perkumpulan Wallacea. Akhirnya proses mentoring berakhir selama sebulan dari Remdec. Perkumpulan Wallacea berhasil menyelesaikan 3 dokumen SOP yaitu Keuangan, SOP Sumberdaya Manusia (SDM) dan tidak memakai Ketenagakerjaan, dan SOP Pengadaan Barang Jasa. Dua dokumen lainnya, Renstra dan MEL masih bersifat rancangan karena akan difinalkan pada bulan Februari 2021.

Muslan Seza selaku Ketua Mitra Swadaya Mandiri yang juga sebagai peserta pada pelatihan yang dilakukan REMDEC saat itu menambahkan, tidak bermaksud untuk menggurui tetapi hanya akan sharing terkait apa yang kami peroleh pada pelatihan tersebut dan tentu menyesuaikan dengan kondisi kita. ‘’Perencanaan strategis mestinya dilakukan dari bawah, lalu melihat aktivitas selama setahun lalu dan mengevaluasinya. Baik yang berkaitan dengan sumberdaya, keuangan dan lain sebagainya,’’ujarnya.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar