Perkumpulan Wallacea dan Simpul Belajar Lamaranginang Inisiatif Advokasi Dana Desa di Luwu Utara

1 0 389
Gambar untuk Perkumpulan Wallacea dan Simpul Belajar Lamaranginang Inisiatif Advokasi Dana Desa di Luwu Utara
Sejak terbentuknya pada 23 September 2020, penguatan kapasitas para anggota Simpul Belajar Lamaranginang terus dilakukan oleh Perkumpulan Wallacea sebagai Mitra Utama Program USAID MADANI di Kabupaten Luwu Utara. Kali ini mengidentifikasi inisiatif advokasi Simpul Belajar Lamaranginag terhadap issu tematik dana desa.

Fasilitatornya Sainal Abidin yang memandu selama 2 hari (25-26 Februari 2021) di Warkop Adira Masamba. Kegiatan berlangsung dinamis dan penuh keakraban. Selama perumusan inisiatif advokasi dana desa di Luwu Utara ini, sesi menentukan fokus layanan terkait dana desa yang sangat alot diskusinya karena perlu merunutnya dari beberapa regulasi yang tersedia baik Permendagri, Permendes sampai ke Perbub Luwu yang mengatur tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021. Kemudian mensinkronkannya dengan SDGs Desa, dan tujuan strategis dari agenda aksi Simpul Belajar Lamaranginang yang sudah dirumuskan yaitu Memperkuat Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Dana Desa.

Field Coordinator Program MADANI Luwu Utara Muhammad Sahaka mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari memperkuat CSO yang tergabung dalam Simpul Belajar Lamaranginang untuk menemukenali inisiatif-inisiatif yang paling memungkinkan dilakukan oleh CSO anggota simpul. Selama dua hari kegiatan ini telah membantu dalam penajaman fokus layanan dari isu tematik transparansi dana desa yang telah dipilih oleh Kabupaten Luwu Utara. ‘’Isu tematik Transparansi Dana Desa itu sudah ditetapkan Program MADANI di Luwu Utara, selanjutnya fokus layanan berupa kesehatan ibu dan anak yang merupakan bagian dari upaya pencegahan stunting di desa,’’ urai Sahaka.

Di sesi akhir pertemuan, peserta merumuskan tools survei dana desa yang akan dipakai untuk menggali data awal mengenai persepsi warga terhadap dana desa. Survei ini akan dilakukan di 3 lokasi yaitu Desa Munte, Desa Pincara dan Desa Katulungan.

Peserta yang hadir berasal dari perwakilan dari Klinik Desa, L-Perak, Lepmal, FAKTA, Jaringan Bintang Sembilan, HIPMI Luwu Utara, L-Madani, Fatayat NU, Perkumpulan Wallacea, dan Ketua Simpul Belajar Lamaranginang.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar