Perkuat Rencana Advokasi Dana Desa, Simpul Madani Serang (SMS) Mendapat Mentoring Satunama

1 0 211
Gambar untuk Perkuat Rencana Advokasi Dana Desa, Simpul Madani Serang (SMS) Mendapat Mentoring Satunama
SERANG – Ketua Presidium Simpul Madani Serang (SMS), Ulumudin, memaparkan rencana advokasi tematik dana desa Kabupaten Serang. Dalam paparannya, advokasi yang akan dilakukan berfokus pada penguatan peran dan fungsi Kader Pemberdyaan Masyarakat Desa (KPMD) melalui Akademi Anggaran Desa (Akades). Hal ini untuk menjawab kondisi transparansi dana desa yang masih mengalami hambatan dan partisipasi masyarakat terhadap tata kelola pembangunan desa yang masih minim. Keluaran yang diharapkan dalam advokasi tersebut adalah transparansi dana desa yang makin meningkat, partisipasi masyarakat yang lebih aktif, serta adanya regulasi daerah yang mendukung transparansi dan partisipasi tersebut.
Demikian disampaikan, SMS melalui presidiumnya secara panjang lebar, pada acara Mentoring daring (dalam jaringan) yang dilakukan oleh Satunama-MADANI, bagi simpul belajar di Kabupaten Serang dan Lebak (10/8/21). Dalam pertemuan tersebut, hadir dari perwakilan Organisasi Kemasyarakatan yang tergabung dalam SMS, yaitu Sekretaris Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah (PDA) Kabupaten Serang, Uus Ustriawaty, Tati Masliati (Koordinator Program PDA), Direktur Eksekutif Pattiro Serang Bahrul Alam, M. Asep Fathudin anggota SMS unsur ICMI, Fini Nuriska presidium SMS unsur Nasyiatul ‘Aisyiyah (NA), Wulansari (Pattiro Serang), Subhan Penabulu, dan anggota Simpul Belajar SIGMA Lebak.
Dalam kesempatan tersebut, Ulumudin yang juga Sekretaris Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Serang, menyampaikan bahwa SMS akan mengawal advokasi dana desa dengan cara berkolaborasi dan sinergi baik sesama komponen masyarakat sipil dalam simpul, maupun komponen penting lainnya.
Menanggapi paparan tersebut, Wiwit Swaitri, mentor Satunama unsur Konsil LSM, mengapresiasi paparan SMS, dan sedikit memberikan catatan untuk melengkapi dokumen Sms lainnya, terutama berkenaan keanggotaan yang inklusi dan rencana keberlanjutan simpul belajar.
“Rencana aksi avdvokasi SMS sudah cukup lengkap, namun bolehkan dipikirkan kembali keluarannya, hitung dengan kekuatan sumberdaya yang tersedia, begitu pula dengan posisi keanggotan dan rencana keberlanjutan, mohon dilengkapi kembali” tukasnya mengingatkan.
Merujuk pada catatan yang disampikan Satunama, Uus Ustriawaty, anggota SMS dari unsur PDA, mengingatkan semua anggota SMS untuk tetap semangat dan terus berupaya untuk mengidentifikasi ulang dan mengaktifkan keanggotan terutama dari unsur Pemda, Media Massa, maupun akademisi.
Dalam hal keberlanjutan simpul. Muslih Amin, selaku FC USAID-Madani, menyampaikan bahwa SMS akan terus mengawal keberlanjutan organisasi agar tetap eksis dan mampu mengawal proses advokasi kebijakan yang ada di masyarakat.
“SMS akan tetap hadir bersama komponen masyarakat lainnya mengawal kebijakan dan pelayanan publik lebih baik khususnya dalam pembangunan masyarakt desa, sebagai bagian dari tanggungjawab sosial dan amal kebaikan” ujarnya penuh optimisme.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Games Sore bersama Mahasiswa Bhayangkara


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar
  2. 5
    Komentar
  3. 4
    Komentar
  4. 4
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat