Perempuan di Persimpangan

2 3 176
Gambar untuk Perempuan di Persimpangan
Berbica tentang wacana perempuan adalah hal yang selalu aktual, dalam Islam pun di kitab Suci Al-Qur'an Allah menamai salah satu surah An-Nisa yang artinya wanita, sehingga perempuan memiliki keistimewaan.

Dalam Al-Qur'an Allah telah memberikan kesetaraan antara perempuan dan laki-laki dalam berbuat kebaikan
Sebagaimana dalam firman Allah (Q.S An-Nahl 97) yang artinya "Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam Keadaan beriman, Maka Sesungguhnya akan Kami berikan kepadanya kehidupan yang baik dan Sesungguhnya akan Kami beri Balasan kepada mereka dengan pahala yang lebih baik dari apa yang telah mereka kerjakan.”

Membaca ayat ini Allah tidak membeda-bedakan mahkluknya. sehingga perempuan bisa juga berpartisipasi dalam bidang agama,politik, ekonomi, pendidikan, sosial dan budaya serta peran" di bidang lain.

Akan tetapi terkadang perempuan ketika di perhadapkan dengan realita misalnya seorang ibu rumah tangga yang selain menjadi seorang ibu, istri ia juga berperan di luar rumah misalnya bekerja terkadang mendapatkan cibiyiran atau tanggapan yang lain yang membuat perempuan menjadi dilema yang seakan-akan perempuan itu hanya bisa memiliki satu peran misalnya seorang istri dan ibu..ia harus fokus dengan itu saja karena ketika ada kegiatan diluar juga akan membuat peran ke pada anak dan urusan rumah tangganya akan terbenkalai, padahal setiap yang kita lakukan itu memiliki resiko, tantangan masing- masing tergantung dari kita menyikapinya.

Contoh selanjutnya misalnya seorang perempuan yang dalam organisasi memiliki kesempatan yang sama dalam kepemimpinan akan tetapi ketika terjadi regenerasi kepemimpinan atau pergantian pengurus ketika perempuan juga mau maju menjadi ketua mendapatkan tanggapan akan ketidak maksimalkan karena akan ada kerja- kerja yang tidak bisa dilakukan seorang perempuan.

Tanggapan inilah yang terkadang perempuan menjadi bingung diibaratakan sebuah perjalanan, membuat perempuan kadang berhenti apakah melanjutkan ,berbelok ke kiri atau kekanan atau mundur.

Olehnya itu melalu tulisan ini agar kita perempuan bisa berperang sesuai dengan potensi dan bakat kita tanpa menkesampikan kodrat ataupun peran yang lainnya yang telah di embang, ada beberapa yang kita lakukan, yaitu :
1. Niatkan dengan ibadah (karena dengan niat inilah yang akan membuat kita kuat ketika merasa tidak mampu, dan mendapatkan tantangan)
2. Manajemen diri (apapun perang kita kita perlu manajemen diri kita baik itu terkait pempembagian waktu, ataupun lainnya, karena dengan manajemen diri yang baik, akan lebih enjoi dalam menjalankan sesuatu)
3. Dalam mengerjakan sesuatu juga perlu kiranya kita melihat ketika di perhadapkan dengan tanggung jawab mana yang paling mendesat dan yang tidak, sehingga tidak ada yang terabaikan)
4.kita tidak boleh mencari sesuatu alasan ketika kita tidak maksimal dengan menkambing hitamkan peran lainnya, karena ketika bersikap seperti itu ini yang akan memunculkan paradigma orang terkait kemampuan kita.
5.lalukan dengan cinta segala sesuatu yang dilakukan dengan cinta akan mendatangkan kesenangan, dnegan perasan senang akan membuat yang kita kerjakan mendapatkan hasil yang baik.

  3 Komentar

Tulis komentarmu...

Sulis

Tamu
Kalimat majemuk/kalimat yg terlalu panjang sebaiknya dipenggal menjadi beberapa kalimat. Untuk memberi kesan ringan dan fun saat dibaca.

Selamat ya, terus menulis... anda berbakat.

Sulis

Tamu
Mbak Evi ..
Tulisannya bernas. Menyajikan kondisi riil perempuan, persoalan dan sekaligus tawaran solusi. Ditambah dengan nukilan sumber acuan jadi makin bagus.
Yg perlu diperhatikan adalah tentang pemenggalan kalimat. Membaca kalimat tunggal lebih ringan dan menyenangkan bagi pembaca. bersambung
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Formasi CASN 2021


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Formasi CASN 2021

  2. 5
    Komentar
  3. 4
    Komentar
  4. 3
    Komentar