Peningkatan Penguatan Koalisi Forum Masyarakat MADANI Jombang

0 0 282
Gambar untuk Peningkatan Penguatan Koalisi Forum Masyarakat MADANI Jombang
Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) menyatakan tentang pentingnya peran masyarakat sipil dalam demokratis di Indonesia. Dalam hal ini, arah dan ukuran keberhasilan pembangunan nasional berkelanjutan di masa depan, sangat ditentukan dari seberapa besar irisan sinergi yang dapat dibangun secara kolektif oleh pelaku pembangunan itu sendiri yaitu: pemerintah, sektor bisnis dan masyarakat sipil.
Dalam semangat membangun sinergitas dengan pemerintah dalam bentuk koalisi dan juga kerjasama, Forum Masyarakat Madani Jombang (FMMJ) menggelar series diskusi yang berjudul “Diskusi Penguatan Kapasitas Simpul Belajar Forum Masyarakat Madani Jombang” yang dilaksanakan di Taman Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jombang (16/09). Dihadiri dari berbagai macam Organisasi Masyarakat Sipil yang mewakili kelompok perempuan, agama, kelompok difabel, media, Pemerintah Desa, Pemerintah Daerah DLH dan BAPPEDA, OMS yang bergerak pada isu lingkungan, dan juga pendamping desa.
Diskusi seri 1 kali ini menghadirlkan A. Samsul Rijal dari PCNU Jombang sebagai pemantik diskusi. Rijal sapaan akrabnya berbagi Informasi terkait dinamika mengkonstruksi isu lingkungan. untuk mewujudkan rencana-rencana aksi mewujudkan sebuah perubahan di dalam masyarakat, yang meliputi sejarah, budaya dan juga falsafah
Selanjutnya Rizal menyampaikan terkait perbedaan perkembangan koalisis forum dan kerjasama pemda jaman dahulu dan sekarang. “Jaman dulu sistemnya masih keras dengan cara merusak atau berdemo, namun tetap ada siasat yang dilakukan dengan memberikan pembagian tugas lapang dan lobbying. Dalam hal ini sangat di perlukan melibatkan aktivis perempuan untuk memainkan peran dalam lobbying”. Terkait koalisi dengan pemda umumnya signal yang tertangkap oleh pemda bisa bermakna baik atau kurang baik, disinilah letak seni-seni sinergitas organisasi mayarakat sipil untuk berkoalisi dalam forum dalam menentukan strategi dan pembagian peran agar terwujud sinergitas pembangunan nasional yang berdasarkan kebutuhan dari masyarakat itu sendiri.
Dalam diskusi lanjutan Sadad anggota FMMJ memaparkan dalam Forum Belajar ini belum melibatkan sektor bisnis. Sehingga diharapkan kedepanya dapat melibatkan seluruh aktor pembangunan daerah yaitu pemerintah, sektor bisnis dan juga masyarakat sipil.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar