PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA KAMPANYE FORUM MASYARAKAT MADANI JOMBANG (FMMJ)

1 0 268
Gambar untuk PENGELOLAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA KAMPANYE FORUM MASYARAKAT MADANI JOMBANG (FMMJ)
Serial diskusi yang diadakan oleh Forum Masyarakat MADANI Jombang ini merupakan upaya untuk melakukan pembangunan yang dilakukan bersama oleh organisasi masyarakat sipil dan juga pemerintah daerah.

Zaman semakin modern, teknologi dan informasi berkembang semakin cepat dan canggih. Salah satu teknologi dan platform paling diminati masyarakat adalah sosial media. Di Indonesia, masyarakat belajar dengan 3 cara, yaitu tatap muka, berulang lalu diberikan tugas. Untuk menghadapi perkembangan zaman, masyarakat Indonesia juga harus mengikuti arus dengan mempelajari teknologi. hal itu berdampak pada pekerjaan orang indonesia yang terbagi menjadi 5 kategori, yaitu pekerja, seniman, bajingan, ABRI, dan pengusaha. Setiap kategori pekerjaan tersebut diharuskan melek teknologi agar pekerjaannya lancar. Untuk itu, ada 4 wilayah seputar teknologi digital yang perlu diketahui, yaitu google, sosmed, marketplace dan forum. Sosial media menempati posisi tertinggi dalam penggunaan dan juga kesukaan masyarakat, pertama platform FB lalu IG, TikTok dan Youtube. Selain memperoleh informasi dan hiburan, sosial media dapat digunakan untuk memperbanyak pelanggan dengan melakukan iklan atau promosi. Promosi yang digunakan pun ada yang berbayar (ADS) dan juga Organik (Konvensional). Untuk melakukan promosi, perlu memerhatikan 5 hal, pertama ukur otak, ukur kemampuan, ukur waktu, ukur tenaga dan terakhir ukur uang.

Dalam membat konten di sosial media, usahakan Buat foto/vidio yang menyentuh emosi (perasaan), seperti apa adanya, natural, foto dari sisi jeleknya bukan sisi bagusnya. Ada cp , foto kejadian, keterangan singkat, foto aslinya, upload serentak cantumkan link). Vidio durasi 20-40 detik hemat kuota dan posting dengan cepat, Pakai hastag bersama serentak.
Jam upload adalah jam jam kepo : mulai jam 5-8, 11-14, 17-20. Interval kepo tiktik sebaiknya per 10 menit. kecuali target anak muda 23.00-02.00. Selain itu, Kunci utamanya adalah hadiah , bisa berupa hadiah bagi yang share, atau bagi yang komen , hadiah boom like , atau hadiah tag 5 teman. Tidak harus mahal harganya.

Setiap platform memiliki Ketentuan sendiri, untuk IG : Buat hastag, lokasi, Ketentuan FB : Funpage, kasih judul di deskripsi, hastag
Ketentuan youtube : judul postingan, deskripsi, lokasi, TAGS. Membuat konten yang mendukung gerakan menjaga lingkungan agar menjadi gerakan massa yang besar adalah dengan menguasai google. Bisa dengan upload serentak juga melibatkan ketokohan. Upload foto/vidio natural juga sampaikan hadiahnya apa, upload konten, lomba, webinar/seminar, pelatihan dll. Selanjutnya yang diperlukan adalah merawat untuk konsisten.

Isu temarik FMMJ adalah tentang pengelolaan sampah, ada tujuan lian yang ingin di capai yaitu terkaid advokasi kebijakan sampah, nah dalam melakukan strategi untuk mengolah media sosialnya dapat menyentuh emosi mereka terlebih dahulu. Seperti halnya advokasi, pemerintah bisa bekerja sama dengan kelompok masyarakat melalui fb untuk menggerakkan massa sehingga kebutuhan masyarakan tersalurkan.

Namun jika masih bingung, Petakan dulu wilayah mana yang harus kita garap, contohnya misalkan Idul Fitri/Idul Qurban akan banyak sumbangan. Disitu bermain pada tawaran yang mau kita buat. Misalkan main pada harga kambing murah. Bisa melalui subsidi silang harga kambing. Nah jika terkait sampah. Maka perlu di gali lebih dalam terkait sampah. Contoh lainya adalah Kardusnesia, baru beberapa postingan sudah dilirik media asia, idenya mengkonversi kardus menjadi bahan kebutuhan kita. Selama ini isu sampah masih berkutat pada pengolahan, misalkan FMMJ punya peta yang tepat terkait sampah maka akan hal itu akan sangat mensupport kebijakan terkait sampah. Sebelum menggugat maka buat opini masyarakat dulu. Sehingga konten menariknya bisa disesuaikan.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. MALEAN SAMPI

  2. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)

  3. Dewata Kite Festival (Festival Layang-layang Pulau Dewata)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 3
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar

    RTAR VII PMII Fak.Tarbiyah Lahirkan Nakhoda Baru