Pemkab Luwu Utara Gelar Rapat Koordinasi Program USAID MADANI

3 0 345
Gambar untuk Pemkab Luwu Utara Gelar Rapat Koordinasi Program USAID MADANI
Pemkab Luwu Utara gelar rapat koordinasi penyiapan implementasi Program USAID MADANI untuk Transparansi Dana Desa Pro Inklusi di tiga desa piloting di Kabupaten Luwu Utara. Rapat koordinasi program bermaksud untuk memperoleh gambaran bagaimana dukungan dan sinergitas semua institusi melakukan pengawalan terutama di desa.

Rapat yang berlangsung di Aula Bappelitbangda itu, dihadiri langsung Kepala Bappelitbangda Luwu Utara Ir. Alauddin Sukri, M.Si (10/09) dan beberapa Kadis dari OPD terkait, serta perwakilan CSO dan Simpul Belajar Lamaranginang, termasuk FC USAID MADANI Luwu Utara dan Perkumpulan Wallacea sebagai mitra utama USAID MADANI.

Pertemuan yang dipandu Kabid Pembangunan Bappelitbangda Syaiful Amir. Turut di hadiri Direktur Perkumpulan FAKTA Luwu Utara, Rizal Muthaharri, Direktur Perisai Luwu Utara, Kadding, Ketua Simpul Belajar Lamaranginang (SBL) Luwu Utara, Abdul Aziz , Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait diantaranya Kepala Dinas Kominfo Luwu Utara, Arief Palallo, Dinas Pendidikan, Dinas PMD dan Badan Kesbangpol.

Kepala Bappelitbangda Luwu Utara, Alauddin Sukri dalam pengantarnya meminta seluruh OPD agar proaktif terkait dengan rencana kegiatan yang akan dikawal USAID MADANI-Perkumpulan Wallacea dan Civil Society Organization (CSO) yang tergabung dalam Simpul Belajar Lamaranginang (SBL) Luwu Utara. "Saya berharap OPD proaktif dan bersinergi dengan pengawal program di lapangan," katanya.

Senada disampaikan Koordinator FC USAID MADANI Luwu Utara, Muhammad Sahaka menjelaskan awal mula adanya program USAID MADANI di Luwu Utara hingga saat ini. "Mohon maaf saya ingin menyampaikan sejarah keberadaan USAID MADANI karena Kepala Bappelitbangda baru bergabung," ucapnya.

Setidaknya, ada beberapa agenda yang akan dilakukan berdasarkan hasil survei tanggapan warga terhadap dana desa, diantaranya pentingnya forum yang terdiri dari kelompok marginal/rentan di desa, memperkuat partisipasi kelompok marginal/rentan dalam proses perumusan program proritas dana desa.

Ketua Simpul Belajar Lamaranginang, Abdul Aziz, SH. MH, mengapresiasi rapat koordinasi yang dilakukan Bappelitbangda Luwu Utara sebagai bentuk komitmen pengawalan pemerintah kabupaten terhadap Program USAID MADANI atas fasilitasinya. Dia berharap, kedepan Simpul sebagai Learning Forum (LF) sebagai mitra siap bekerja mendampingi program transparansi penggunaan dana desa yang inklusi sesuai rekomendasi survei tanggapan warga terhadap dana desa yang dilakukan beberapa waktu lalu.

(Abdul Aziz)

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Vaksinasi COVID-19 Gandaria City (17-30 Januari 2022)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar