PEMBIARAN ATAS NAMA INVESTASI

1 0 674
Gambar untuk PEMBIARAN ATAS NAMA INVESTASI
Oleh: Muhammad Arsad

_________________________________

Berdasarkan UU Republik Indonesia No. 4 Tahun 2009 tentang pertambangan mineral dan Batu bara di dalamnya juga di atur terkait IUP Batuan, kegiatan pembangunan pabrik oleh PT GNI di desa Bunta,Bungintimbe dan desa Tanauge dalam prosesnya melakukan penimbunan untuk lokasi Pembangunan pabrik tersebut.

Kegiatan penimbunan tersebut, diduga tidak memilik IUP OP Batuan sehingga berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No.P.38/MENLHK/SETJEN/KUM.1/7/2019 tentang jenis rencana usaha yang wajib memiliki AMDAL, otomatis tidak terpenuhi sehingga potensi kerusakan lingkungan di wilayah penimbunan tersebut dapat terjadi.

Akibat dari kegiatan tersebut, juga diduga menimbulkan kerugian negara khususnya PAD Kab. morut berdasarkan Keputusan Bupati Morowali Utara tentang penetapan nilai pasar jenis mineral bukan logam dan batuan di kabupaten Morowali Utara dimana di dalamnya mengatur tentang retribusi yang wajib di setorkan ke daerah oleh pemilik IUP OP jenis mineral bukan logam dan Batuan.

Dengan melihat salah satu berita di media online yang terpercaya, yang menyatakan tiga gunung telah di keruk yang di duga proses pengerukan tersebut yang bertujuan untuk penimbunan lokasi smelter,telah terjadi dugaan kerugian negara khususnya PAD Kab. Morut yang tidak terbayarkan sesuai dengan volume material yang sudah di gunakan.

Berdasarkan hasil investigasi yang kami lakukan, diduga proses penimbunan yang di lakukan untuk lokasi pabrik, diduga #tidak memiliki IUP OP Batuan sehingga potensi kerugian daerah serta kerusakan lingkungan di pastikan dapat terjadi...

#HentikanKegiatanPembangunanSmelter
#UsutTuntasOknumYangBermainDiDalamnya

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. MALEAN SAMPI

  2. Dewata Kite Festival (Festival Layang-layang Pulau Dewata)


Komentar Terbanyak

  1. 3
    Komentar
  2. 2
    Komentar

    Pisang Goreng Mbah Mis

  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar

    RTAR VII PMII Fak.Tarbiyah Lahirkan Nakhoda Baru