Pemandian Sidamanik

Gambar untuk Pemandian Sidamanik
Wisata Pemandian Alam Bah Sidamanik merupakan destinasi tujuan wisata di Desa Hutan Lama, Kecamatan Sidamanik. Menjadi salah satu yang populer di Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, lokasinya memiliki keindahan yang tak kalah menariknya.

Adapun yang membuat wisata pemandian ini unik adalah proses pembentukannya yang alami tanpa campur tangan manusia. Selain itu destinasi ini juga dibalut sebuah cerita legenda.

Diketahui, pemandian alam yang juga dikenal dengan sebutan Aek Manik ini merupakan tempat pemandian Raja Damanik dan keluarganya. Kata “Bah” dan “Aek” dalam bahasa Batak dapat diartikan sebagai air.

Sementara istilah “Damanik” adalah nama dari salah satu marga suku Simalungun. Oleh karena itu pemandian alam Bah Sidamanik ini maksudnya adalah pemandian air untuk para Raja Damanik beserta keluarganya.

Namun seiring berjalannya waktu, pemandian Aek Manik ini berbaur dengan masyarakat. Sehingga tempat ini bukan lagi menjadi pemandian khusus raja, melainkan menjadi sumber irigasi masyarakat setempat sekaligus sebagai destinasi wisata.

Meskipun begitu, konon pemandian Aek Manik masih terus dikelola oleh keturunan Raja Damanik. Hal ini bertujuan agar kebersihan dan kelestarian pemandian tetap terjaga.

sumber: https://brisik.id/read/54698/pemandian-alam-bah-sidamanik-pesona-menawan-di-simalungun

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 4
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar