PD ‘Aisyiyah, Pattiro Serang, dan Simpul Madani Serang serahkan dokumen Ranwal RPJMD Kab. Serang

1 0 208
Gambar untuk PD ‘Aisyiyah, Pattiro Serang, dan Simpul Madani Serang serahkan dokumen Ranwal RPJMD Kab. Serang
SIARAN PERS
Jumat, 5 Agustus 2021
-----------------------------
SERANG – Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Serang Rahmat Maulana menyatakan menerima poin-poin usulan penyempuranaan draf rancangan awal dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Serang tahun 2021-2026, yang diberikan langsung oleh Hunainah sebagai Manajer Program Lead Partner PD 'Aisyiyah Kab.Serang.
Rahmat berterima kasih atas usulan dan masukan dari unsur masyarakat, juga akan mendorong usulan tersebut untuk dimasukan dalam dokumen RPJMD yang akan segera disahkan. Ia berjanji akan segera mengkaji dan mengharmonisasi dengan dokumen yang ada.
Demikian dikatakan Kepala Bappeda Kabupaten Serang Rahmat Maulana di kantor Bappeda, komplek perkantoran Pemda, Serang (5/8/2021). Dalam pertemuan tersebut, hadir dari perwakilan Organisasi Kemasyarakatan, Sekretaris Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Serang, Uus Ustriawaty, didampingi Manajer Program Lead Partner MADANI PD ‘Aisyiyah Hunainah, Tati Masliati (Koordinator Program), Direktur Eksekutif Pattiro Serang Bahrul Alam, dan anggota Simpul Madani Serang yang merangkap fasiliator Penabulu Subhan.
Dalam kesempatan tersebut, Hunainah menyampaikan poin-poin penting yang menjadi usulan prioritas dari unsur masyarakat. Khususnya berhubungan dengan isu transparansi dan akuntabilitas tata Kelola dana desa.
“Kami PD ‘Aisyiyah, bersama Pattiro Serang dan Simpul Madani Serang saat ini sedang mengawal proses tata kelola pembangunan desa sebagai ujung tombak pembangunan Daerah, oleh karenanya kami berkepentingan untuk ikut bersama-sama melengkapi dokumen RPJMD agar sesuai dengan visi dan misi yang direncanakan ” tukasnya.
Atas dukungan dan kontribusi masyarakat atas dokumen yang sedang disusun, kepala Bappeda menyatakan apresiasi yang luar biasa atas kepedulian tersebut. Dia menjelaskan bahwa tata Kelola pemerintahan yang baik (good governance) beririsan dengan praktik demokratisasi, dengan ciri transparansi, akuntabilitas, dan partisipasi aktif masyarakat
“Kami membuka pintu lebar-lebar untuk keterlibatan dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan Daerah, baik dalam isu perencanaan, implementasi, maupun pengawasannya, terlebih pembangunan yang ada di desa” ungkap Rahmat, yang dikenal pejabat ramah dan supel tersebut.
Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pattiro Serang Bahrul Alam mengapresiasi penerimaan dan respon positif Pemerintah Daerah atas partisipasi dari kelompok masyarakat sipil. “Jika sejak perencanaan Daerah, masyarakat diberikan kesempatan untuk terlibat, kami yakin pembangunan di kabupaten Serang khusunya tata Kelola pembangunan desa akan lebih baik lagi”, ungkapnya dengan penuh optimis.
Dalam kesempatan yang sama Sekretaris PD ‘Aisyiyah Uus Ustriawaty menyatakan bahwa organisasinya mendapat mandat menjadi Mitra Utama MADANI di Kabupaten Serang berkomitmen untuk membangun sinergi dan kolaborasi dengan pemerintah Daerah dalam pembangunan segala hal. Walaupun Langkah awal dimulai dari isu transparansi dan akuntabilitas dana desa. “kami bersama ormas lainnya akan berinergi dengan Pemda untuk mengawal optimalisasi tata Kelola pembangunan desa” ucap perempuan paruh baya yang penuh enerjik ini.
Sementara itu, Field Coordinator (FC) USAID MADANI, Muslih Amin, menyatakaan bahwa komitmen dan dukungan serta penerimaan yang kuat dari Pemda terhadap kinerja OMS merupakan harapan yang ingin dicapai program MADANI FHI360. Sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat sipil, hal ini mengindikasikan akuntabilitas pemerintah dan sekaligus kinerja organisasi masyarakat meningkat. “ini momentum yang bagus, RPJMD merupakan dokumen utama Daerah untuk rujukan lima tahun ke depan, sangat bagus jika OMS ikut mengawal. Kan MADANI hadir dalam rangka mendorong adanya sinergi dan kolaborasi antara OMS dengan Pemda untuk pembangunan yang lebih baik” ungkapnya penuh antusias.
Pertemuan dan dialog yang berlangsung secara akrab tersebut diakhiri dengan sesi penyerahan dokumen diwakili secara simbolis oleh Manajer Program PD ‘Aisyiyah, Hunainah, didampingi seluruh anggota yang mewakili unsur organisasi kemasyaratan, diterima langsung oleh Kepala Bappeda.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Games Sore bersama Mahasiswa Bhayangkara


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar
  2. 5
    Komentar
  3. 4
    Komentar
  4. 4
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat