Organisasi Masyarakat Sipil Dan Pemerintah Deklarasikan Dukungan Terbentuknya Simpul Belajar

4 0 206
Gambar untuk Organisasi Masyarakat Sipil Dan Pemerintah Deklarasikan Dukungan Terbentuknya Simpul Belajar
Bertempat di Rumah Makan Bersama (RMB) Bulukumba, Selasa, 29 September 2020, sejumlah CSO, OPD, organisasi profesi seperti Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), PKK dan Baznas yang mengikuti Visioning Workshop dengan tema “Revitalisasi Simpul Belajar Forum Masyarakat Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (FORMAP KIA) Kabupaten Bulukumba” menyatukan komitmen Bersama dengan mendeklarasikan dukungan keberlanjutan Forum Masyarakat Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (FORMAP KIA) sebagai simpul belajar.
Kegiatan yang dibuka oleh Kepala Kesbangpol Bulukumba, Bapak Muhammad Arfan, S,STP berlangsung cukup antusias dengan diskusi yang cukup dinamis. Pasalnya, peserta terbawa suasana reunifikasi ketika Bersama di Program EMAS dan bertemu kembali di kegiatan Program Madani yang didukung USAID. Ketua Formap KIA, Muhajir, S.Pd menyampaikan apresiasinya kepada CSO dan OPD yang mensupport Formap KIA tetap eksis mesti banyak menghadapi tantangan baik internal maupun eksternal. Menurutnya, tingginnya AKI/AKN di Bulukumba perlu keterlibatan kelompok masyarakat baik melakukan pengawasan layanan kesehatan maupun terlibat dalam mendorong kebijakan. Sehingga momentum Program Madani sangat strategis membangun kembali kolaborasi dan sinergitas antar berbagai pihak.
Senada dengan Ketua Formap KIA, Musafir yang juga merupakan pengurus forum yang berasal dari Aliansi Masyarakat Peduli Demokrasi (AMPD) berpendapat bahwa ada fenomena menarik dalam mengawal isu KIA, ketika ada program pendampingan kasus kematian ibu dan anak menurun dan ketika tidak ada pendampingan kembali meningkat kasusnya. Dia mengajak Dinas Kesehatan dan semua OPD untuk berperan dan serius merumuskan kebijakan yang berpihak pada penanganan KIA.
Seperti diketahui, Forum Masyarakat Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (FORMAP KIA) yang terbentuk Sejak tahun 2015 memayungi 19 CSO local ini telah banyak berkontribusi dalam mendorong kebijakan yang pro KIA, di antaranya sangat aktif mendorong lahirnya Perbup No. 73 Tahun 2015 tentang Penyelamatan Ibu dan Bayi Baru Lahir dan berhasil mendorong peningkatan anggaran kesehatan.
Kisah sukses Formap KIA untuk mengawal keberlanjutan advokasi layanan kesehatan memang tidak begitu mulus, pasang surut semangat dan soliditas forum menjadi tantangan tersendiri bagi CSO untuk eksis ditengah semakin kompleks dan meningkatnya angka kematian ibu hamil dan anak baru lahir di Bulukumba. Public menaruh harapan besar kehadiran Formap KIA yang telah banyak berkiprah dalam mendorong perubahan tata kelola layanan kesehatan dan membantu warga mendapatkan hak-haknya dalam memperoleh layanan kesehatan yang berkualitas.
Forum yang Sudah berkiprah kurang lebih 5 tahun di Bumi Panrita Lopi belakangan tidak begitu memperlihatkan eksistensinya. Meskipun respon terhadap pengaduan masyarakat terkait layanan KIA tetap disuarakan melalui media mainstream mamupun media social dan group-group Whatsapp sebagai media kampanye dan edukasi kepada masyarakat.

Dalam kegiatan ini, dukungan Forum Masyarakat Peduli Kesehatan Ibu dan Anak (FORMAP KIA) Kabupaten Bulukumba yang merupakan simpul belajar dari berbagai organisasi masyarakat sipil di Kabupaten Bulukumba mendapatkan dukungan untuk bersinergi dengan berbagai pihak untuk mengawal isu KIA. Diakhir diskusi, peserta menandatangani surat Deklarasi yang menyatakan dukungannya untuk keberlanjutan Formap KIA.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Formasi CASN 2021


Komentar Terbanyak

  1. 9
    Komentar

    Formasi CASN 2021

  2. 5
    Komentar
  3. 4
    Komentar
  4. 3
    Komentar