NGLUWIHI MBAGEI

1 0 343
Gambar untuk NGLUWIHI MBAGEI
Ngluwihi yang berarti melebihkan dan mbagei yang artinya memberi atau membagi merupakan bagian gerakan gandeng gendong yang dilaksanakan oleh masyarakat Kota Jogja. Sebagai contoh ngluwihi yaitu saat kita memasak sayur atau lauk usahakan lebih banyak sehingga sebagian bisa kita berikan (dibagi) ke tetangga yang membutuhkan.
Gerakan ngluwihi mbagei ini sudah dilaksanakan oleh hampir sebagian besar masyarakat jogja salah satunya di Kampung Semaki dimana awalnya salah satu warga memasak lebih dan hanya mampu memberikan kepada 6 orang tetangga yang membutuhkan, seiring berjalannya waktu gerakan ini menggugah warga lainnya yang mampu untuk ikut berpartisipasi, ada yang memberi bantuan bahan masakan, ada yang memberi bumbu dapur dan ada juga yang memberikan bantuan berupa dana dan tenaga, sehingga saat ini bisa mbagei (memberi) kepada 105 orang yang membutuhkan.

Gerakan sederhana yang mungkin setiap keluarga mampu untuk melakukannya. Masaklah lebih dari yang dibutuhkan dan bagilah kepada yang membutuhkan. Saling gandeng saling gendong ciri khas masyrakat jogja.

Bersama kita bisa.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Games Sore bersama Mahasiswa Bhayangkara


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar
  2. 5
    Komentar
  3. 4
    Komentar
  4. 4
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat