NGECOBAR, Ngecoprint Bareng

3 7 431
Gambar untuk NGECOBAR, Ngecoprint Bareng
Berita ini adalah tulisan Bu Eka Senja, sebagai bagian kolaborasi kegiatan, antara kelompok masyarakat di Kelurahan Brontokusuman, Kecamatan Mergangsan dan Kelurahan Klitren, Kecamatan Gondokusuman di Kota Jogja.

KOLABORASI RELAWAN INSPIRASI, HADIRKAN NGECOBAR SERU

Agustus adalah yaumul milad negara dan bangsa Indonesia yang ditunggu dan dipersiapkan perayaannya setiap tahun. Kepahlawanan dan kerjanya adalah kolaborasi yang menghasilkan kedaulatan.

Dengan semangat yang sama, kami kelompok SEEJ salah satu usaha Bummas Barokah mendapatkan kesempatan dari Kelurahan Klitren untuk menambah ketrampilan kriya ecoprint.

Menerima kesempatan ini, berarti kita harus siap belajar, mengekplorasi kekayaan hayati Indonesia.

Kami mengusulkan untuk mengajak ECO.J yang merupakan brand dari Kampung Karangkajen, Desa Berdaya Brontokusuman yang diasuh Relawan Inspirasi Rumah Zakat, Indra Suryanto.

Acara ini diselenggarakan 12-16 Agustus 2020, di aula dan halaman Kelurahan Klitren, Kecamamatan Gondokusuman.

Ngecobar atau ngeco bareng ini dibawah instruktur kawan-kawan ECO.J yang melibatkan 20 orang ibu-ibu dari kelompok SEEJ

Proses dimulai dengan pengenalan bahan dan serat, scouring, mordanting dan perendaman.

Selanjutnya proses penganginan kain, pembuatan warna alam yang terdiri dari kayu secang, kayu mahoni, kayu akasia, kayu tegeran dan kayu soga.

Dari ECO.J pun kami melihat mereka sangat all out, 20 ibu-ibu ini dibuatkan resep berbeda yang akan menghasilkan 40 kombinasi warna. Sekali lagi salut atas kesungguhan rekan-rekan Desa Berdaya Brontokusuman, more than istilahnya. Workshop mana yang seperti ini, totalitas.

Kemudian, proses pengukusan yang tricky sehingga beberapa ibu-ibu sempat sedikit kesal karena harus menunggu hingga pukul 15.00 WIB. Namun, terjawab sudah kesuntukan mereka ketika proses unbundling lontong Ecoprint, hasilnya sungguh menggetarkan jiwa, marem dan bikin auwoooo.

Terakhir, ECO.J mendampingi ibu-ibu membuat katalog warna, ada 100 warna yang didapatkan, luar biasa, SEEJ mendapatkan khasanah ilmu yang mengkayakan ide-ide baru.

Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, kami tetap memakai masker, cuci tangan, cek suhu dan berusaha atur jarak.

Apresiasi Lurah Klitren, Zaenuri, kepada semua peserta. Beliau menyampaikan pengamatannya saat upacara penutupan workshop "bahwa hasil pelatihanya seperti bukan pelatihan saja, karena hasilnya bagus-bagus dan pro." Bukan isapan jempol, kalau nyatanya produk ECO.J sudah melanglang buana ke 15 negara, terakhir foto ecoprintnya di beli warga negara Jerman dan Belgia.

Terimakasih kepada Bapak Zaenuri beserta staf yang telah memberikan kesempatan kepada ibu- ibu untuk menambah ilmu dan mengundang ECO.J untuk workshop kali ini, tak lupa terimakasih sekali kepada Rumah Zakat yang selalu memberikan dukungan kepada kami. Semoga semua anggota kami semakin berdaya dan tambah barokah. Amiin.

#Ecobar
#Klitrenberdaya
#MDI
#RumahZakat
#DesaBerdayaBrontokusuman
#DesaBerdayaKlitren
#SEEJ
#ECO_J

  7 Komentar

Tulis komentarmu...

Nano Wahyu
Tamu
Mantap Pak, semoga bila ke Jogja, bisa mampir. Bikin penasaran. Orang Jogja kreatif-kreatif
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar