MUSRENBANG RPJMD KABUPATEN BARRU 2021-2026

2 0 190
Gambar untuk MUSRENBANG RPJMD KABUPATEN BARRU 2021-2026
MUSRENBANG RPJMD KABUPATEN BARRU 2021-2026

Jon Rantepadang di Barru

Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Musrenbang RPJMD) Kabupaten Barru 2021-2026, diselenggarakan pada hari Kamis (20-5-2021) di Lantai 6 Menara Kantor Bupati Barru.
Musrenbang menghadirkan Legislator DPR RI, Hasnah Syam MARS, Pemprov Sulsel dan disaksikan oleh Undangan Pemda Kabupaten/Kota tetangga seperti Soppeng, Pangkep, Maros dan Wakil Pemkot Parepare, termasuk dihadiri oleh semua perwakilan stakeholder pembangunan daerah termasuk akademisi, insan pers dan aktivis LSM.
Bupati Barru Suardi Saleh yang membuka Musrenbang RPJMD mengemukakan bahwa perencanaan yang SMART yaitu specific, measurable, achievable, relevan, dan time bound menjadi dasar untuk menyusun dokumen. Dengan kehadiran kita semua, guna memberikan masukan, ide dan gagasan yang bersesuaian dengan Visi dan Misi yang kami ajukan pada saat kampanye Pemilukada pada beberapa waktu yang lalu. Saya yakin dan optimis bahwa apa yang dicita-citakan untuk membangun Barru yang maju dan sejahtera bisa segera kita wujudkan, ucap Bupati Suardi Saleh sembari mengumumkan Visi pembangunan daerah 2021-2026 yakni “Kabupaten Barru Yang Sejahtera, Mandiri, Berkeadilan, dan Bernafaskan Keagamaan”.
Visi ini merupakan cita-cita dan mimpi besar yang diharapkan menjadi guidens atau petunjuk arah yang kemudian dijabarkan ke dalam 10 (sepuluh) janji politik yang pernah disampaikan saat berkampanye di masa Pemilukada serentak 2020 lalu bersama Wakil Bupati Barru, Aska Mappe.
"Aktualisasi dan tuliskanlah dengan baik ide dan gagasan tersebut, dan kerjakanlah apa yang anda tuliskan. Saya dan kita semua meyakini bahwa kalau kita kerjakan apa yang telah kita tuliskan, maka cita-cita besar yang telah disepakati tersebut dengan mudah dapat diwujudkan," demikian Bupati Barru menginstruksikan jajarannya memastikan visi, misi dan janji politik yang tertuang dapat teraktualisasikan dengan baik pada Rencana Strategis OPD, Camat dan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dengan RPJM Desa se Kabupaten Barru.
Dimasa periode kedua bupati Barru Suardi Saleh merasa optimis jika akan menuntaskan sejumlah janji politiknya dalam waktu sekitar 3,5 tahun.
Kesepuluh janji politik yang menjadi harapan Suardi bisa terwujud dalam waktu 3,5 tahun yakni;
1. Penuntasan Reformasi Birokrasi/Pemerintahan Melayani;
2. Pendidikan dan Kesehatan yang berkualitas;
3. Modernisasi Pertanian;
4. Infrastruktur Fisik dan Ekonomi berbasis wilayah;
5. Pembangunan Kawasan Industri Halal serta BLK;
6. Bantuan Modal Kerja bagi UMKM;
7. Pembangunan Sektor Pariwisata berbasis masyarakat;
8. Optimalisasi peran pemuda dan Olahraga;
9. Aktualisasi nilai seni Budaya;
10. Pembangunan dan Optimalisasi Rumah Tahdfiz di Setiap Kecamatan.
Bupati Barru dengan detail menjabarkan item per item janji yang telah disinkronkan dengan regulasi dan kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemprov Sulsel, serta memberikan arahan maksud dan tujuan termasuk instruksi strategis.
Salah satu peserta dari LSM adalah PPO Daun Hijau, memberikan masukan terkait materi dalam draft RPJMD antara lain indikator tujuan dan sasaran serta indikator program agar disusun secara SMART dan harus jelas metode pengukurannya. Demikian pula disarankan agar rencana penganggaran dilakukan secara rasional, mengingat kondisi saat ini yng masih dilanda pandemi Covid-19 dan kita tidak dapat prediksi sampai kapan berakhir, sehingga sangat mempengaruhi perencanaan anggaran. Oleh karena itu target-target yang ditetapkan idealnya disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan daerah.
Demikian pula trend APBD selama beberapa tahun terakhir ini, 85-87 persen masih dikontribusi oleh dana transfer, sehingga perlu dipikirkan untuk meningkatkan kontribusi “Pendapatan Asli Daerah” dalam struktur APBD.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. SD Negeri Cikandang 02 - Kersana


Komentar Terbanyak

  1. 13
    Komentar
  2. 9
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER JAKARTA

  3. 6
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER BEKASI

  4. 6
    Komentar