Muslimat NU Bersinergi Bersama OMS Bentuk Forum Serasi Madani

Gambar untuk Muslimat NU Bersinergi Bersama OMS Bentuk Forum Serasi Madani
Pekalongan – Dalam rangka menindaklanjuti diskusi publik dengan tema Peran OMS Dalam Perbaikan Pelayanan Puskesmas di Kabupaten Pekalongan, Muslimat NU Kabupaten Pekalongan bersama Organisasi Masyarakat Sipil (OMS) membentuk Forum Simpul Belajar dengan nama Forum Serasi Madani pada Kamis (23/9) 2020. Forum Serasi Madani salah satu fungsinya adalah sebagai wadah bersama untuk belajar, peningkatan kapasitas dan advokasi bersama. Beranggotakan 12 Organisasi Masyarakat Sipil, 2 Perguruan Tinggi dan 2 perwakilan insan media yang ada di Kabupaten Pekalongan.

Menurut Program Manager Muslimat NU Kabupaten Pekalongan Erlita Rismilliyana fokus program forum kali ini adalah dalam hal pengelolaan keluhan pelayanan fasilitas publik terutama di Fasilitas Kesehatan Puskesmas. Ketika ditanya apa makna kata Serasi Madani dalam penamaan forum tersebut, Erlita menjelaskan bahwa Serasi merupakan akronim Semua Belajar Cerdas dan Aksi. “Kata Madani merupakan nama lembaga penyelenggara program USAID-Madani dan Muslimat terpilih sebagai Mitra Utama program tersebut", terang Erlita.

Sementara itu Ketua Muslimat NU Kabupaten Pekalongan Sumarwati yang juga menghadiri acara tersebut berharap Forum Serasi Madani dapat dijadikan instrumen katalisator bagi semua lapisan masyarakat yang memiliki keluhan khususnya pelayanan Puskesmas. “Tidak hanya sebatas menampung keluhan saja, Forum dapat menindaklanjuti segera setiap keluhan masyarakat kepada pihak terkait agar segera ditemukan solusinya", ujar Sumarwati ketika memberikan sambutannya.

Dalam acara yang berlangsung di Meeting Room di sebuah rumah makan di kawasan Pekajangan tersebut berlangsung cukup interaktif antar peserta yang hadir untuk memberikan sumbang sih pendapatnya dalam pembentukan Forum Serasi Madani. Peserta juga menyambut baik dan mendukung dengan dibentuknya Forum Serasi Madani, seperti menurut Murdiningsih Wakil Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten pekalongan menilai bahwa Forum Serasi Madani bukan saja bermanfaat buat masyarakat secara luas tapi juga anggotanya karena akan mendapatkan pendampingan dalam peningkatan kapasitas organisasinya. “GOW yang merupakan asosiasi organisasi – organisasi wanita di Kabupaten Pekalongan juga akan merasakan manfaatnya” terangnya.

Dipenghujung acara, Muslimat NU terpilih sebagai Ketua Forum sekaligus sekretariat bersama dan menyepakati rencana tindak lanjut untuk segera melakukan audiensi kepada pihak dan dinas terkait. “Alhamdulillah audiensi dengan kantor Kesbangpol Kabupaten Pekalongan terlaksana pada Jumat (24/9) yang diikuti oleh anggota Forum dengan tujuan sosialisasi terbentuknya Forum Serasi Madani dan rencana kerjasama program dengan Kantor Kesbangpol Kabupaten Pekalongan”, ujar Erlita selaku ketua terpilih Forum Serasi Madani dari Muslimat NU Kabupaten Pekalongan.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar

    Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak

  2. 8
    Komentar

    4 KEBUTUHAN ANAK YANG WAJIB DIPENUHI ORANG TUA

  3. 7
    Komentar
  4. 5
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat