Merdeka dari Sampah Puntung Rokok

3 0 232
Puntung Kecil, Masalah Besar
Walaupun ukurannya kecil, dari semua limbah plastik, filter rokok adalah yang jumlahnya paling banyak dan volumenya luar biasa besar. Ini masalah besar: lebih dari 4,5 triliun puntung rokok dibuang setiap tahun (1). Pada berbagai kegiatan pembersihan pantai di seluruh dunia, filter rokok paling sering ditemukan (2). Banyak orang tidak menyadari bahwa 95% filter rokok terbuat dari selulosa asetat (sejenis plastik).

Banyak perokok mengira mereka bisa membuang puntung rokok ke tanah dan nantinya akan terurai secara alami. Sayangnya, tidak demikian. Asetat tidak terurai secara alami seperti kulit pisang atau kertas. Suatu uji ilmiah terkini tentang dampak puntung rokok menyimpulkan bahwa "Selulosa asetat dapat terurai oleh sinar matahari namun tidak terurai secara alami. Walaupun sinar ultraviolet dari matahari pada akhirnya akan mengurai filter menjadi serpihan yang lebih kecil dalam kondisi lingkungan ideal, bahan dasarnya tidak pernah sirna; pada dasarnya bahan itu larut dalam air atau tanah. (3) Mikroplastik ini mengakibatkan beragam masalah. Mikroplastik dapat memiliki dampak ekotoksikologi langsung, berakumulasi pada rantai makanan, dan menimbulkan kerugian ekonomi yang disebabkan oleh isu keamanan makanan.(4) Sebuah penelitian oleh ahli biologi kelautan di University of San Diego pada tahun 2011 dengan jelas menunjukkan bahwa sebanyak lebih dari 4.000 zat kimia pada filter asetat bekas pakai merembes keluar dan beracun bagi kehidupan laut (5).Kendati dampak lingkungan satu buah filter rokok yang dibuang terhitung kecil, 1,35 triliun batang rokok berfilter diproduksi pada tahun 2007 di Amerika Serikat saja. Diperkirakan 875.000 ton puntung rokok memasuki biosfer setiap tahun (6).
Cara merdeka dari sampah yang diperjuangakan seorang mahasiswa di Jombang dengan mengumpulkan puntung rokok yang dia hasilkan untuk dimasukkan ke botol menjadi ecobrick. wawancara singkat itu di publis di media youTube dari akun chanel Perkumpulan Sanggar Hijau Indonesia.

Cigbrick : https://www.ecobricks.org/cigbricks/?lang=id

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 5
    Komentar
  2. 2
    Komentar
  3. 2
    Komentar
  4. 2
    Komentar