MENTORING PENGUATAN FORUM BELAJAR YASSIBERRUI KABUPATEN BARRU OLEH SATUNAMA

2 0 155
Gambar untuk MENTORING PENGUATAN FORUM BELAJAR YASSIBERRUI KABUPATEN BARRU OLEH SATUNAMA
MENTORING PENGUATAN FORUM BELAJAR YASSIBERRUI KABUPATEN BARRU OLEH SATUNAMA

JON RANTEPADANG, BARRU
Tanggal 14 Juni 2021, bertempat di ruang pertemuan PPO Daun Hijau Kabupaten Barru diselenggarakan penguatan forum belajar Yassiberrui yang di fasilitasi oleh SATUNAMA dengan fasilitator Bapak Saleh Yasin dan Bu Rahmi. Penguatan forum belajar Yassiberrui diikuti oleh 7 CSO, LP dan FC sebagai tindaklanjut dari pengukuran Indeks Kinerja Forum (IKF) yang telah dilakukan.
Berdasarkan hasil IKF, dibutuhkan penguatan kapasitas terkait: 1) bagaimana membangun jaringan koalisi inklusif yang efektif, 2) bagaimana melakukan advokasi kebijakan dan 3) bagaimana perawatan dan keberlanjutan forum.
Pada sisi levelling forum belajar Yassiberrui berada pada level nascent ( tumbuh), sehingga diperlukan upaya penguatan-penguatan kapasitas sesuai aturan yang harus dibangun. Dengan berbagai latar belakang CSO yang tergabung dalam simpul belajar, seharusnya menjadi kekuatan untuk membangun kemitraan dengan stakeholder.
Langkah awal yang harus dilakukan adalah menyusun dokumen Rencana Strategis (Renstra) forum belajar Yassiberrui yang menggambarkan kerangka sinkronisasi berbagai CSO yang tergabung dalam simpul belajar dan ini dapat dilakukan oleh PPO Daun Hijau.
Hal-hal yang dapat dilakukan oleh forum belajar dengan pemerintah kabupaten berdasarkan isu tematik antara lain bedah Perda terkait prosedur pengurusan administrasi kependudukan. Tahapan yang dapat dilakukan adalah memahami kondisi perda yang akan diadvokasi melalui kajian bersama stakeholder terhadap dokumen Perda yang sudah ada.
Untuk dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan dalam simpul belajar, paradigma berpikir NGO harus diubah dari pola mandiri menjadi pola kemitraan. Selain itu dalam kerangka perluasan jaringan dan merawat keberlanjutan forum, maka forum belajar Yassiberrui dapat memanfaatkan dana CSR yang berasal dari berbagai perusahaan. Tentunya simpul belajar harus mengetahui fokus perusahaan yang memberikan CSR.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. RAPAT FORSDAM DAN OSIS DAMUM

  2. Lemak Sehat Buat Dikonsumsi Terus?

  3. Damkar DKI Evakuasi Kunci Motor


Komentar Terbanyak

  1. 0
    Komentar

    SD Negeri Cikandang 02 - Kersana

  2. 0
    Komentar
  3. 1
    Komentar
  4. 0
    Komentar