Memanfaatkan Kesempatan

1 0 60
Gambar untuk Memanfaatkan Kesempatan
Ada yang pernah dengar kata Ngetek padi? Ngetek padi adalah mencari dan mengumpulkan sisa-sisa butiran padi disawah atau ditumpukan jerami setelah padi di panen. Ini merupakan kegiatan musiman yang dilakukan para ibu rumah tangga setelah beberes di rumah. Biasanya kegiatan ini dilakukan para ibu rumah tangga secara berkelompok,satu kelompok terdiri dari dua sampai lima orang, mengapa berkelompok? Karena pekerjaan ini membutuhkan tenaga dan stamina yang kuat. bagaimana tidak? Mereka harus mencari sisa butiran padi ditengah sawah, dibawah teriknya sinar matahari.
Butuh kesabara esktra mencari sisa-sisa butiran padi tengah sawah atau ditumpukan jerami. Berjalan dibelakang para pemanen padi dengan harapan ada sebatang dua batang padi yang terjatuh. Setelah padi selesai dikumpulkan,padi tersebut di angin-anginkan agar sampah dan bulir padi terpisah. Setelah selesai di angin-anginkan barulah padi tersebut dijual ke agen padi yang ada. Saat ini harga satu kilo padi basah dihargai Rp 4000,-. Sebelum uangnya di bagi ke anggota, uang hasil penjualan padi tersebut dipotong untuk pengeluaran beli es dan gorengan, baru kemudian dibagi rata dengan jumlah anggota yang ada. Kalau mereka beruntung satu orang bisa membawa pulang uang Rp 100.000,-, tetapi kalau sedang tidak beruntung mereka hanya membawa pulang uang Rp 17.000 sampai Rp20.000,- perharinya.Tetapi mereka menjalani pekerjaan tersebut dengan suka cita tanpa ada beban sama sekali, yang penting besok pagi mereka punya uang untuk belanja dapur mereka.
Sungguh bukan pekerjaan yang ringan apalagi mudah, tetapi sayang mereka tidak punya pilihan lain selain kerja keras dan terus kerja keras.

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Daftar CASN Pake Calo

  2. Workshop Disabilitas Jember


Komentar Terbanyak

  1. 8
    Komentar
  2. 8
    Komentar

    BEMETENG Punya Acara Hari Ini

  3. 5
    Komentar

    Workshop Disabilitas Jember

  4. 3
    Komentar

    Driver Delivery