Masjid Baiturrahman Mergangsan Kidul Kel. Wirogunan Meniadakan Kegiatan Ramadhan 1441 H

0 0 54
Gambar untuk Masjid Baiturrahman Mergangsan Kidul Kel. Wirogunan Meniadakan Kegiatan Ramadhan 1441 H
Masjid Baiturrahman, Mergangan Kidul RW 24, Kelurahan Wirogunan,  Kec.  Mergangsan secara resmi meniadakan kegiatan Ramadhan 1441 tahun ini.  Disamping meniadakan kegiatan berjama'ah untuk sholat jum'at,  sholat fardhu dan sholat tarawih. Langkah itu diputuskan sebagai langkah pencegahan penularan virus Corona, sebagaimana hasil rapat Takmir pada Selasa (7/4/2020).

Edaran Takmir  Masjid Baiturahman Nomor 03/Takmir BR/IV/2020 yang disampaikan melalui WhatsApp menyebutkan memperhatikan nasehat dari Sesepuh Takmir Masjid Baiturrahman, Surat Edaran dan Informasi dari Kementerian Agama, Fatwa Ulama dan Edaran atau Maklumat dari Lembaga-lembaga terkait yang memiliki kewenangan atas perkembangan penyebaran Covid-19, maka disampaikan sebagai berikut Pertama (1) Tidak melaksanakan/menyelenggarakan kegiatan sholat berjama’ah, baik Sholat Jum’at, Sholat Fardhu dan Sholat Tarawih.

Kedua (2) Tidak melaksanakan/menyelenggarakan serangkaian kegiatan Ramadhan, misalnya buka puasa/Takjil,  Tadarus dan sebagainya; Ketiga (3) Tidak melaksanakan/menyelenggarakan ceramah menjelang sholat Tarawih dan ceramah setelah sholat Subuh.

Keempat (4) Pengumpulan dan pendistribusian Zakat Fitrah dan Zakat Maal melalui Takmir Masjid Baiturrahman, akan diberitahukan sepuluh hari sebelum Idul Fitri; dan Kelima (5) Hal-hal lain akan diberitahukan kemudian.

Ferdian Mahardika, Ketua Takmir menjelaskan rapat internal Masjid Baiturrahman ini sudah mempertimbangkan segala sesuatunya, termasuk himbauan pemerintah dan organisasi Muhammadiyah. Keputusan meniadakan tarawih dan buka puasa bersama juga mengacu pada pertimbangan nasehat dari sesepuh Takmir, H. Sukemi.

Lebih lanjut, Masjid Baiturrahman bersama pengurus RT dan RW serta tokoh masyarakat di wilayah RW 23 dan RW 24 Mergangsan Kidul, akan melaksanakan kegiatan Aksi Sosial. Kegiatan tersebut adalah “Gotong Royong Banyak Pihak untuk Warga Terdampak” dan zakat fitrah.

"Umat Islam di Mergangsan Kidul, utamanya yang menjadi sasaran dakwah Masjid Baiturrahman dihimbau agar dalam melaksanakan ibadah, baik itu salat maupun segala aktivitas yang terkait dengan bulan suci Ramadhan, diharapkan untuk tetap berada di rumah," kata Ferdian melalui telepon, Senin (20/4).

Sementara Abdul Razaq, Sekretaris Takmir menyatakan keputusan ini melalui mencermatan dengan memperhatikan kondisi wilayah dan perkembangan atas penyebaran Covid-19. Segala sesuatunya, khususnya himbauan dan dakwah motivasi akan terus diinformasikan kepada umat islam di wilayah Mergangsan Kidul melalui group WhatsApp.

Tetap semangat dalam melaksanakan ibadah ramadhan, walau harus tetap stay at home dan tehrus mengikuti anjuran pemerintah. InsyaAllah badai pasti berlalu. (KangRozaq)

#MasjidBaiturrahman
#AbdulRazaq
#TerusBerbuat
#MemanfaatkanHidupUntukHidupBermanfaat

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler


Komentar Terbanyak

  1. 41
    Komentar
  2. 27
    Komentar
  3. 23
    Komentar
  4. 5
    Komentar