Manfaatkan Kulit Pohon Mahoni Dan Daun Sawo Untuk Warna Rendaman Batik

5 0 172
Gambar untuk Manfaatkan Kulit Pohon Mahoni Dan Daun Sawo Untuk Warna Rendaman Batik
๐Œ๐š๐ง๐Ÿ๐š๐š๐ญ๐ค๐š๐ง ๐Š๐ฎ๐ฅ๐ข๐ญ ๐๐จ๐ก๐จ๐ง ๐Œ๐š๐ก๐จ๐ง๐ข ๐ƒ๐š๐ง ๐ƒ๐š๐ฎ๐ง ๐’๐š๐ฐ๐จ ๐ฎ๐ง๐ญ๐ฎ๐ค ๐–๐š๐ซ๐ง๐š ๐‘๐ž๐ง๐๐š๐ฆ๐š๐ง ๐๐š๐ญ๐ข๐ค

Gerakan #AyoBeliProdukLamongan yang digaungkan Bupati Yuhronur Efendi tampaknya sangat tepat. Sebab, produk-produk UMKM atau perajin Kota Soto tersebut umumnya sangat berkualitas dan inovatif. Seperti batik khas Lamongan yang dibuat Indah Rofahiyah, perajin batik asal Desa Sendangduwur Kecamatan Paciran.

Batik yang dibuat perempuan 31 tahun itu bisa disebut berwawasan lingkungan. Sebab tidak memakai rendaman warna dari bahan kimia, tapi dari bahan alam. Yakni dari kulit pohon Mahoni dan daun Sawo. โ€˜โ€™Memang benar saya memakai kulit pohon Mahoni dan daun Sawo untuk rendaman warna batik saya,โ€™โ€™ kata Indah, saat ditemui di rumahnya.

Menurut dia, kualitas pewarna alami yang dipakai tersebut tidak kalah dengan pewarna kimia. Bahkan cenderung lebih bagus. Selain itu juga bisa menghemat biaya. โ€˜โ€™Karena tidak perlu beli dan mudah didapat, ada di sekitar rumah,โ€™โ€™ ungkapnya.
---------------------
Baca selengkapnya di :

๐ŸŒhttps://radarbojonegoro.jawapos.com/read/2021/03/15/247143/manfaatkan-kulit-pohon-mahoni-dan-daun-sawo-untuk-warna-rendaman-batik

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Games Sore bersama Mahasiswa Bhayangkara

  3. Hari pertama pelaksanaan ANBK di SDIT BINA INSAN CITA


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar
  2. 5
    Komentar
  3. 4
    Komentar
  4. 4
    Komentar

    Kehumasan ? Bukan Sekedar Antar Surat