LAKPESDAM SUMENEP MULAI DISKUSIKAN HASIL IKO DENGAN PSP MADANI JATIM

2 0 305
Gambar untuk LAKPESDAM SUMENEP MULAI DISKUSIKAN HASIL IKO DENGAN PSP MADANI JATIM
Sumenep, 25 Mei 2021 - Lakpesdam Sumenep telah melakukan diskusi one on one untuk merespon hasil desk review Naratif IKO dan RKPKO Tahap II. Diskusi yang difasilitasi secara virtual ini diikuti 9 peserta dari unsur PSP MADANI Jawa Timur, FC Sumenep dan SFC MADANI Jawa Timur, serta Lakpesdam Sumenep. Diskusi berlangsung ± 1,5 jam mulai pukul 10.00 - 11.30 WIB.

Kegiatan ini bertujuan mereview dan merespon hasil desk review Naratif IKO dan RKPKO Tahap II Lakpesdam Sumenep oleh LPKP Malang selaku PSP MADANI Provinsi Jatim. Secara umum proses diskusinya dinamis, dimulai dengan pembukaan oleh perwakilan PSP MADANI Jatim sekaligus moderator, maaf maafan selagi moment lebaran masih tersisa, paparan hasil review IKO Tahap II dan RKPKO Lakpesdam. Proses ini kemudian disambung dengan respon dan masukan LPKP Malang selaku PSP MADANI Jawa Timur, kilas balik FC MADANI Sumenep dan feedback dari Tim Pelaksana Lakpesdam Sumenep.

Diakhir sessi diskusi, LPKP meminta kepada Tim Lakpesdam Sumenep untuk mengidentifikasi kegiatan prioritas yang dipandang perlu mendapatkan intervensi atau penguatan melalui kegiatan PSP MADANI. Beberapa alternatif kegiatan prioritas yang diusulkan untuk penguatan antara lain; pelatihan advokasi, strategi pendampingan, sekolah sosial kritis dan metode audit sosial khususnya CSC (Community Score Card) atau kartu penilaian masyarakat yang akan diterapkan dalam pilot (model) peningkatan efektivitas BUMDes berbasis masyarakat di 3 desa melalui dukungan MADANI.

Disamping itu, esensi lain yang mulai dirasakan dari proses diskusi seperti ini yaitu: telah membuka peluang dan dukungan bagi Lakpesdam Sumenep untuk mengadvokasi isu tematik; meningkatnya relasi dan keakraban dengan CSO dilevel Provinsi dalam rangka sharing pengalaman dan pembelajaran; serta mengindentifikasi potensi dan sumberdaya untuk saling menguatkan antar CSO di daerah (Moh Kholid).

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Games Sore bersama Mahasiswa Bhayangkara


Komentar Terbanyak

  1. 7
    Komentar
  2. 4
    Komentar

    PMI Tebing Tinggi Salurkan Bantuan Korban Banjir

  3. 4
    Komentar
  4. 4
    Komentar

    Kelurahan Brontokusuman Ramah Anak