LAKPESDAM NU SOSIALISASI WORKPLAN MADANI TAHUN KE-2 KEPADA BAPEDDA SUMENEP

4 1 168
Gambar untuk LAKPESDAM NU SOSIALISASI WORKPLAN MADANI TAHUN KE-2 KEPADA BAPEDDA SUMENEP
Rabu, 09 Juni 2021, Tim Lakpesdam NU yang terdiri dari Ferly Agus Saputra, Nurus Syamsi dan Ruka’iya telah berkunjung ke Kantor Bapedda Kabupaten Sumenep. Kunjungan ini dalam rangka silaturahmi dan menjelaskan rencana kerja (workplan) tahun kedua Program MADANI di Kabupaten Sumenep. Kunjungan dilakukan sekitar Pukul 11.00 WIB dan ditemui Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia (PPM) Bappeda (Bapak Ir RB Salaf Junaidi) di ruang kerjanya.

Selain ramah tamah, Tim Lakpesdam menggunakan kesempatan ini untuk menjelaskan workplan MADANI Tahun-2 dan rencana piloting untuk mendorong partisipasi dan pengawasan masyarakat terhadap efektifitas BUMDes di 3 desa. Walaupun tidak begitu formal pertemuan ini sangat penting bagi Lakpesdam NU, yaitu dalam rangka menjaga komitmen dan kerjasama dengan Pemerintah Daerah.

Koordinator Tim (Ferly A Saputra) menjelaskan alasan pemilihan 3 desa, antara lain: merupakan dampingan Lakpesdam NU dan Forum MMS, ada komitmen dan dukungan Pemerintah Desa dan Masyarakat, serta keberadaan BUMDes dengan kondisi masing-masing. Keputusan lokasi piloting sudah dikoordinasikan dan mendapatkan dukungan dari Dinas PMD selaku OPD terkait di Kabupaten. Tim Lakpesdam juga menyampaikan rencana sosialisasi workplan kepada Pak Sekda, dan dalam hal ini Bapak Kabid PPM menyatakan siap untuk membantu komunikasinya.

Selanjutnya Pak Kabid menanyakan, selain piloting di 3 desa apakah Lakpesdam melalui program MADANI juga merencanakan kegiatan di kabupaten? Sudah tentu, dari 7 agenda yang disusun dengan Tim Teknis, 1 diataranya dilakukan di internal Lakpesdam NU, dan 5 agenda lainnya dilaksanakan bersama Forum MMS di Kabupaten. Semua kegiatan akan dikoordinasikan bersama Tim Teknis Koordinasi dan Pendampingan USAID MADANI Kabupaten Sumenep yang sudah terbentuk.

Dalam kesempatan ini, Pak Kabid juga menyampaikan masalah dominasi Kepala Desa walaupun BUMDes sudah dipisahkan dengan Pemerintah Desa dan diarahkan untuk mandiri. Kondisi BUMDes secara umum di Sumenep masih menghadapi masalah manajemen, administrasi, keuangan dan faktor SDM (Uka).

  1 Komentar

Tulis komentarmu...

Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terkait

Terbaru


Terpopuler

  1. SD Negeri Cikandang 02 - Kersana

  2. Lowongan DAILY WORKER JAKARTA


Komentar Terbanyak

  1. 14
    Komentar
  2. 9
    Komentar

    Lowongan DAILY WORKER JAKARTA

  3. 8
    Komentar
  4. 7
    Komentar