KPM Bersama Bidan Desa Lakukan Deteksi Dini Stunting

2 0 412
Gambar untuk KPM Bersama Bidan Desa Lakukan Deteksi Dini Stunting
Bertempat di Poskesdes Kebonharjo, KPM (Kader Pembangunan Manusia) Desa Kebonharjo bersama Bidan Desa Kebonharjo, Tyas Ningrum, A.Md.Keb. melakukan deteksi dini stunting dengan menggunakan Tikar Pertumbuhan pada hari Jumat, 13 Desember 2019.

Tikar Pertumbuhan merupakan alat deteksi dini stunting yang mudah, praktis dan efisien digunakan para kader dalam menemukan Baduta (Balita kurang dari Dua Tahun) yang terindikasi stunting.

Penggunaaan tikar pertumbuhan dalam deteksi dini stunting telah disosialisasikan pada kader posyandu pada bulan November 2019, dan kelak akan diterapkan di tahun 2020 pada semua Posyandu di desa Kebonharjo.

Setelah pengukuran panjang badan Baduta, dilanjutkan konseling gizi bagi Baduta yang terindikasi stunting. Program ini merupakan paket layanan dasar dalam konvergensi stunting. Konvergensi Stunting merupakan program nasional yang dikembangkan oleh pemerintah pusat dalam penanganan stunting di Indonesia. Program ini juga mengharuskan pemerintah desa memberikan 5 paket layanan dasar bagi Baduta dan ibu hamil yang meliputi: layanan KiA (Kesehatan Ibu dan Anak), Konseling Gizi Terpadu, Perlindungan Sosial (kepemilikan akte dan jaminan kesehatan anak), sanitasi dan air bersih, dan pengasuhan PAUD.

Hingga saat ini masih terdapat 6 Baduta terindikasi stunting dari 48 Baduta yang ada (12,5%). Jumlah ini menurun dibandingkan data bulan Juni dengan 11 Baduta terindikasi stunting dari 44 (25%).

Diharapkan penanganan intensiv dari pemerintah desa bersama semua pihak yang terkait akan mampu menekan jumlah Baduta terindikasi stunting di wilayah Desa Kebonharjo.


Penurunan angka stunting dan pemenuhan paket layanan dasar pada Baduta juga berdampak pada meningkatnya angka konvergensi stunting di Kebonharjo dari 0% pada trwulan II (periode Mei-Juni) menjadi 63% pada triwulan IV (periode Oktober-Desember). (*)

  Komentar

Tulis komentarmu...

Jadilah yang pertama memberi komentar!
Fitur baru Rekomendasi video

Other Posts

Terbaru


Terpopuler

  1. Bukit Seguntang Adalah Ulu Melayu

  2. Games Sore bersama Mahasiswa Bhayangkara


Komentar Terbanyak

  1. 13
    Komentar
  2. 7
    Komentar
  3. 5
    Komentar
  4. 3
    Komentar

    Pengajian anak anak